Strategi Pengembangan Bisnis Pada Sanggar Tari Guntur di Kota Kediri
Date
2024Author
Sari, Gita Septiana Ratna
Asnawi, Yudha Heryawan
Kamilah, Khairiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Sanggar Tari Guntur merupakan salah satu bentuk usaha dalam sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif subsektor seni pertunjukan. Adanya persaingan bisnis antar sanggar membuat sanggar mengalami penurunan jumlah siswa didik yang berakibat pada ketidakstabilan pendapatan. Penyusunan strategi pengembangan bisnis ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah siswa didik agar pendapatan dan daya saing sanggar juga dapat meningkat. Penelitian ini dimulai dari mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi usaha, merumuskan strategi alternatif untuk pengembangan usaha, hingga menentukan strategi prioritas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, survei, dan studi literatur dengan penentuan responden menggunakan purposive sampling. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi dengan menggunakan matriks IFE-EFE, matriks IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanggar Tari Guntur berada pada posisi hold and maintain dalam memanfaatkan kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha sehingga direkomendasikan untuk memperkuat branding melalui konten dan kolaborasi dengan memaksimalkan penggunaan platform media sosial untuk sosial media marketing dan menjangkau lebih banyak konsumen.
Collections
- MT - Business [1556]