Show simple item record

dc.contributor.advisorHapsari, Dwi Retno
dc.contributor.authorMaulida, Evarianti Nur
dc.date.accessioned2024-08-23T07:19:56Z
dc.date.available2024-08-23T07:19:56Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158353
dc.description.abstractCERDIK merupakan slogan produk perilaku dalam program GERMAS yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. GERMAS merupakan program kampanye agar masyarakat melakukan gerakan masyarakat hidup sehat. CERDIK bertujuan untuk mencegah penyakit tidak menular serta menurunkan risiko kematian akibat penyakit tersebut salah satunya pada penyakit hipertensi. Strategi komunikasi yang baik dapat menciptakan komunikasi pemasaran sosial yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas strategi komunikasi pemasaran sosial CERDIK pada program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Teknik pemilihan responden dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Responden pada penelitian ini adalah Masyarakat di Kecamatan Cibinong. Berdasarkan penelitian, strategi komunikasi CERDIK pada program GERMAS telah efektif dalam mengubah perilaku masyarakat untuk melakukan perilaku CERDIK demi mencegah penyakit hipertensi. Ditemukan faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas strategi komunikasi pemasaran sosial.
dc.description.abstractCERDIK is a behavioral product slogan in the GERMAS program implemented by the Ministry of Health. GERMAS is a campaign program aimed at encouraging the public to adopt a healthy lifestyle. CERDIK is promoted through GERMAS to prevent and reduce the risk from on-communicable diseases, such as hypertension. To ensure the social marketing is effective, several communication strategies are necessary. Thus, the objective of this study is to analyze the effectiveness of the CERDIK social marketing communication strategy in the Healthy Living Community Movement (GERMAS) program. This study uses a quantitative method supported by qualitative data. Respondents were selected using non-probability sampling. The research was conducted in Cibinong District with its residents as respondents. Based on the research, the commununicaton strategy of CERDIK in GERMAS program has been effective in changing public behavior to preventif hypertension. Factors associated with the effectiveness of the social marketing communication strategy were identified.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial CERDIK dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Kasus: Pencegahan Penyakit Hipertensi pada Masyarakat di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)id
dc.title.alternativeThe Effectiveness of Social Marketing Communication Strategies CERDIK behaviors in the Healthy Living Community Movement (Case: Prevention of Hypertension in the Community of Cibinong District, Bogor Regency, West Java)
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordStrategi Komunikasiid
dc.subject.keywordhipertensiid
dc.subject.keywordpemasaran sosialid
dc.subject.keywordCERDIKid
dc.subject.keywordGERMASid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record