dc.contributor.advisor | Hapsari, Dwi Retno | |
dc.contributor.author | Maulida, Evarianti Nur | |
dc.date.accessioned | 2024-08-23T07:19:56Z | |
dc.date.available | 2024-08-23T07:19:56Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158353 | |
dc.description.abstract | CERDIK merupakan slogan produk perilaku dalam program GERMAS yang
dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. GERMAS merupakan program
kampanye agar masyarakat melakukan gerakan masyarakat hidup sehat. CERDIK
bertujuan untuk mencegah penyakit tidak menular serta menurunkan risiko
kematian akibat penyakit tersebut salah satunya pada penyakit hipertensi. Strategi
komunikasi yang baik dapat menciptakan komunikasi pemasaran sosial yang
efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas strategi
komunikasi pemasaran sosial CERDIK pada program Gerakan Masyarakat Hidup
Sehat (GERMAS). Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif didukung
oleh data kualitatif. Teknik pemilihan responden dalam penelitian ini menggunakan
metode non-probability sampling. Responden pada penelitian ini adalah
Masyarakat di Kecamatan Cibinong. Berdasarkan penelitian, strategi komunikasi
CERDIK pada program GERMAS telah efektif dalam mengubah perilaku
masyarakat untuk melakukan perilaku CERDIK demi mencegah penyakit
hipertensi. Ditemukan faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas strategi
komunikasi pemasaran sosial. | |
dc.description.abstract | CERDIK is a behavioral product slogan in the GERMAS program
implemented by the Ministry of Health. GERMAS is a campaign program aimed at
encouraging the public to adopt a healthy lifestyle. CERDIK is promoted through
GERMAS to prevent and reduce the risk from on-communicable diseases, such as
hypertension. To ensure the social marketing is effective, several communication
strategies are necessary. Thus, the objective of this study is to analyze the
effectiveness of the CERDIK social marketing communication strategy in the
Healthy Living Community Movement (GERMAS) program. This study uses a
quantitative method supported by qualitative data. Respondents were selected using
non-probability sampling. The research was conducted in Cibinong District with its
residents as respondents. Based on the research, the commununicaton strategy of
CERDIK in GERMAS program has been effective in changing public behavior to
preventif hypertension. Factors associated with the effectiveness of the social
marketing communication strategy were identified. | |
dc.description.sponsorship | | |
dc.language.iso | id | |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial CERDIK dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Kasus: Pencegahan Penyakit Hipertensi pada Masyarakat di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat) | id |
dc.title.alternative | The Effectiveness of Social Marketing Communication Strategies CERDIK behaviors in the Healthy Living Community Movement (Case: Prevention of Hypertension in the Community of Cibinong District, Bogor Regency, West Java) | |
dc.type | Skripsi | |
dc.subject.keyword | Strategi Komunikasi | id |
dc.subject.keyword | hipertensi | id |
dc.subject.keyword | pemasaran sosial | id |
dc.subject.keyword | CERDIK | id |
dc.subject.keyword | GERMAS | id |