Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Kembali di Kedai Kopi Tomoro Jakarta
Abstract
Berdasarkan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian (2021), konsumsi kopi nasional terus mengalami peningkatan tiap tahunnya mulai tahun 2016-2020. Tingginya konsumsi kopi nasional mengakibatkan semakin maraknya kedai kopi di Indonesia. Salah satu kedai kopi yang baru dan cukup banyak digemari oleh masyarakat yakni Kedai Kopi Tomoro. Walaupun terbilang baru, Kedai Kopi Tomoro telah melakukan beberapa strategi pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Kedai Kopi Tomoro. Penelitian akan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Teknik sampling yang digunakan yakni cluster random sampling dan simple random sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskripstif dan analisis PLS-SEM menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik responden. Analisis PLS-SEM digunakan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Hasil menunjukkan bahwa variabel produk dan proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel lainnya seperti harga, tempat, promosi, orang, dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhasap keputusan pembelian konsumen di Kedai Kopi Tomoro. Untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, Kedai Kopi Tomoro disarankan untuk fokus pada produk dan proses dalam pelayanan kepada konsumen. Based on the Agricultural Data and Information System Center of the Ministry of Agriculture (2021), national coffee consumption continues to increase every year starting from 2016-2020. The high national coffee consumption has resulted in the increasing number of coffee shops in Indonesia. One of the new coffee shops that is quite popular with the public is Tomoro. Even though it is relatively new, the Tomoro Coffee Shop has implemented several marketing strategies to improve consumer purchasing decisions. This research aims to determine the impact of the marketing mix on the Tomoro Coffee Shop purchasing decision. The research will use primary data obtained from questionnaires. The sampling techniques used are cluster random sampling and simple random sampling. The analytical methods used are descriptive analysis and PLS-SEM analysis using the SmartPLS 3.0 analysis tool. Descriptive analysis is used to describe the characteristics of respondents. PLS-SEM analysis is used to analyze the impact of the marketing mix on purchasing decisions. The results show that product and process variables have a significant effect on consumer purchasing decisions. Other variables such as price, place, promotion, people, and physical evidence do not have a significant effect on consumer purchasing decisions at Tomoro Coffee Shop. To improve consumer purchasing decisions, Tomoro Coffee Shop is advised to focus on products and processes in service to consumers.
Collections
- UT - Agribusiness [4770]
