Show simple item record

dc.contributor.advisorArsyianti, Laily Dwi
dc.contributor.advisorMuthohharoh, Marhamah
dc.contributor.authorZAKIAH, YULIKO HANA
dc.date.accessioned2024-08-15T01:45:36Z
dc.date.available2024-08-15T01:45:36Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157418
dc.description.abstractIndustri perbankan Indonesia tumbuh signifikan dan diikuti dengan perbankan syariah yang saat ini juga berkembang pesat. Namun, terdapat berbagai tantangan utama dalam meningkatkan kepercayaan terhadap bank syariah, terutama Bank Syariah Indonesia. Dengan strategi yang tepat, BSI dapat meningkatkan jumlah nasabah dan Dana Pihak Ketiga (DPK) untuk mencapai rencana strategis yang telah disusun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pertumbuhan jumlah nasabah dan DPK segmen Islamic Ecosystem dan menyusun strategi dan menentukan evaluasi yang tepat. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal, matriks IE dan SWOT untuk merumuskan strategi alternatif, dan QSPM diterapkan untuk mengevaluasi strategi. Dari hasil penelitian, BSI Regional Office V Jakarta 2 berada di kuadran II yaitu “Grow and Build,” yang menunjukkan enam belas alternatif strategi. Berdasarkan QSPM, prioritas utama untuk meningkatkan jumlah nasabah dan DPK Regional Office V Jakarta 2 adalah membuat target pipeline nasabah principal sesuai dengan kekuatan pillar di masing- masing area (nilai STAS: 7,334).
dc.description.abstractIndonesia's banking industry is experiencing significant growth, with Islamic banking also on the rise. However, there are notable challenges in building trust in Islamic banks, particularly Bank Syariah Indonesia. With the right strategy, BSI can increase its customer base and third-party funds to meet its strategic goals. This study is crucial as it aims to identify the internal and external factors influencing the growth of customers and deposits in the Islamic Ecosystem segment. The research employs IFE and EFE matrices to analyze internal and external conditions, IE and SWOT matrices to formulate alternative strategies, and QSPM to evaluate strategies. The results showed that BSI Regional Office V Jakarta 2 in quadrant II, 'Grow and Build,' with sixteen alternative strategies. According to the QSPM, the top priorities to increase the number of customers and deposits of Regional Office V Jakarta 2 are to establish a principal customer pipeline target based on the strength of the pillars in each area (STAS value: 7.334).
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleSTRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DAN DANA PIHAK KETIGA PADA SEGMEN ISLAMIC ECOSYSTEM BANK SYARIAH INDONESIAid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordprioritas strategiid
dc.subject.keywordQSPMid
dc.subject.keywordanalisis swotid
dc.subject.keywordDPKid
dc.subject.keywordnasabahid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record