Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyudi
dc.contributor.advisorGumbira, Said, E
dc.contributor.authorRetnaningsih, Irene
dc.date.accessioned2024-08-06T06:43:12Z
dc.date.available2024-08-06T06:43:12Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155925
dc.description.abstractAdanya tawaran jasa layanan perbankan yang semakin menarik dan bervariatif menggambarkan adanya persaingan yang semakin tajam dan terbuka. Hal ini membawa konsekuensi kepada pihak Bank untuk selalu berkreasi menghasilkan produk yang dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan nasabah akan jasa layanan perbankan dalam upaya memperoleh keunggu1an yang kompetitif Bank Rakyat Indonesia, salah satu Bank yang juga turut bertarung dalam persaingan tersebut, pada pe1tengahan tahun 1999 telah meluncurkan satu produk tabungan yaitu tabungan BritAma dengan harapan akan mampu menjadi produk unggulan untuk memenangkan persaingan. Jika dilihat dari kronologis penciptaan, BritArna adalah rnerupakan produk penyempurnaan dari produk tabungan sebelumnya yaitu Tabanasbri yang dinilai telah tidak mampu Iagi bersaing karena tidak dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat akan jasa layanan perbankan yang cenderung selalu meningkat. Dengan kata lain BRI melakukan reposisi bagi produk Tabanasbri menjadi Tabungan BritAma. Untuk mengetahui tepat tidaknya kebijaksanaan reposisi tersebut, BRI perlu mengetahui ta.nggapan nasabali terhadap produk BritAma serta hal-hal apa yang menjadi keinginan nasabah terhadap tabungan tersebut sehingga dapat menentukan Iangkah selanjutnya yang lebih terarah. Perumusan masalah penelitian ini adalah (I) bagaimana strategi reposisi yang tepat bagi produk BritAma, (2) bagaimana tanggapan nasabah terhadap BritAma, serta (3) Faktor-aktor apa yang menjadi pertimbangan nasabah untuk memiliki tabungan BritAma. Dengan kondisi penjualan BritAma yang kurang menggembirakan, sementara dipihak lain BritArna adalah sarana penghimpunan dana dengan biaya bunga yang relatif rendah, maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkaji��n terhada£ strategi reposisi yang telah dilaksanakan oleh BRI, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran BritAma serta memberikan rekomendasi•·· strategi pemasaran yang Iebih tepat dan terfokus. Mengingat adanya keterbatasan waktu maka penelitian ini dibatasi•��anya pada strategi reposisi BritAma yang dilakukan oleh BRI dalam hal ini diwak.li ole antor Cabang -Kantor Cabang yang berlokasi di Jakarta Selatan, Jakarta.: .. Timur, Jakarta Pusat, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Elemen pengambilan contoh adalah nasabah BritAma sebanyak 3 85 orang yang merupakan nasabah '��arf' · Cabang BRI yang mewakili keenam daerah tersebut. Hasil kajiannya dibatasi hanya sampai pada tahap rekomendasi strategi, sedangkan implemetasinya· ...dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleStrategi Reposisi Tabanas Bri Menjadi Britama dan Implikasinya Terhadap Pemasaran Britama Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero)id
dc.subject.keywordTabungan BritAma
dc.subject.keywordPT. Bank Rakyat Indonesia (Persero )
dc.subject.keywordmanajemen pemasaran
dc.subject.keywordBauran Pemasaran
dc.subject.keywordPreferensi
dc.subject.keywordAnalisis Siklus Hidup
dc.subject.keywordAnalisis Internal Eksternal
dc.subject.keywordAnalisis Persaingan Industri
dc.subject.keywordEckenrode
dc.subject.keywordJabotabek
dc.subject.keywordSurvey Konsumen.


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record