Analisis Strategi Promosi Produk Minyak Goreng Pada Pt. Astra Agro Lestari Terbaik
Abstract
Minyak goreng merupakan salah satu bahan makanan pokok yang dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat baik yang berada di pedesaan maupun di perkotaan, baik oleh rumah tangga maupun oleh industri makanan. Fungsi minyak goreng pada umumnya bukan sebagai bahan baku, namun sebagi bahan pembantu terutama dalam menciptakan aroma, rasa, warna, daya simpan dan dalam beberapa hal juga peningkatan nilai gizi. Kebutuhan terhadap minyak goreng untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga meningkat terus, sejalan dengan pertumbuhan penduduk maupun peningkatan konsumsi perkapita. Secara teoritis, kecenderungan meningkatnya rata-rata konsumsi perkapita minyak goreng itu disebabkan oleh perubahan pola konsumsi penduduk, pendapatan perkapita, dan sedikit banyak dipengaruhi pula oleh perkembangan dalam budaya masak-memasak.
Keadaan tersebut di atas sudah barang tentu menjadikan industri minyak goreng mempunyai pasar yang sangat baik, karena merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bila dilihat dari jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2000 yang diperkirakan mencapai 210. 438.600 jiwa lebih maka menjanjikan laba yang besar bagi mereka yang bergerak dibidang ini. Walaupun demikian, para pelaku yang memperebutkan kue besar ini jumlahnya cukup banyak dan bagi pemain baru harus menghadapi masaiah kiasik yaitu merebut pasar yang ada, karena pasar telah dikuasai merek-merek terkenal seperti Bimoli (Salim Group), Filma (Sinar Mas Group) dan Vetco (Hasil Karsa Group).
PT. ASTRA AGRO LESTARI Tbk. adalah salah satu perusahaan produsen kelapa sawit terbesar di Indonesia. Operasional agribisnis yang dilakukan meliputi penanaman hingga pemanenan kelapa sawit sampai dengan pengolahan tandan buah segarnya hingga menghasilkan minyak sawit mentah atau "CPO" (Crude Palm Oil) serta pengolahan CPO menjadi minyak goreng (cooking oil) beserta produk turunannya. Sebagai pendatang baru yang akan berkiprah dalam bisnis minyak goreng sawit PT. ASTRA AGRO LESTARI Tbk. dihadapkan pada intensitas persaingan dalam industri minyak goreng sawit yang pada saat ini cukup ketat. Untuk itu PT. ASTRA AGRO LESTARI Tbk. harus mampu untuk menentukan strategi yang tepat agar mampu untuk bersaing dan beradaptasi dengan setiap perubahan lingkungan, karena perubahan lingkungan dapat menciptakan peluang sekaligus juga dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Permasalahan utama yang dihadapi oleh PT. ASTRA AGRO LESTARI Tbk. adalah minimnya anggaran promosi yang dapat digunakan oleh divisi refinery and branded minyak goreng sawit untuk melakukan...dst.
Collections
- MT - Business [4046]
