Show simple item record

dc.contributor.advisorDianah, Rosyda
dc.contributor.authorNajihah, Syahidah Endrini An
dc.date.accessioned2024-07-18T08:21:57Z
dc.date.available2024-07-18T08:21:57Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154221
dc.description.abstractPrinsip dasar dari kegiatan penyelenggaraan makanan adalah memperhatikan hygiene dan sanitasi makanan. Kasus keracunan makanan yang terjadi pada tanggal 14 Februari 2020 di Pondok Pesantren Qomaryah yaitu ada 122 santri yang dirawat di rumah sakit karena keracunan makanan yang disebabkan oleh personal hygiene yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor faktor yang berhubungan dengan personal hygiene pada food handler di Pondok Pesantren Islam Al mukmin. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh penjamah makanan di Pondok Pesantren Islam Al mukmin. Berdasarkan hasil analisis bivariat dengan uji chi square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara faktor pengetahuan, sikap dan tindakan dengan penerapan personal hygiene. Berdasarkan hasil tersebut maka diusulkan perlu dilakukannya penelitian lanjutan mengenai faktor faktor lain yang mempengaruhi personal hygiene food handler seperti faktor pemungkin dan faktor penguat agar dapat mengembanglan penelitian di masa yang mendatang.
dc.description.abstractThe basic principle of food organization activities is to pay attention to food hygiene and sanitation. Acase of food poisoning that school, where 122 students were hospitalized due to food poisoning caused by poor personal hygiene. This study aims to analyze the factors associated with personal hygiene among food handlers at Al mukmin Islamic Boarding School. The type of research used is descriptive analytical with a cross-sectional research approach. The sample in this study were all food handlers at Al mukmin Islamic Boarding School. Based on the results of bivariate analysis using chi square test, it shows that there is no significant relationship between knowledge, attitude and action factors with the application of personal hygiene. Based on these findings, it is suggested that further research is nedds on other factors that influence food handlers’ personal hygiene among food handlers such as enabling factors and reinforcing factors, in order to develop future research.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Personal Hygiene Food Handler di Pondok Pesantren Islam Al mukminid
dc.title.alternative
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordfood handlerid
dc.subject.keywordpersonal hygieneid
dc.subject.keywordboarding schoolid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record