Analisis Efisiensi Pemasaran Kepiting Bakau Berdasarkan Perbedaan Musim di Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi.
View/ Open
Date
2024-07-02Author
Nabilla, Nur Afra
Muflikh, Yanti Nuraeni
Metadata
Show full item recordAbstract
Kecamatan Muara Gembong merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi penghasil kepiting bakau di Provinsi Jawa Barat. Produktivitas kepiting bakau di Kecamatan Muara Gembong berpengaruh terhadap pemasaran kepiting. Adanya perubahan musim yang terjadi serta panjangnya saluran pemasaran diduga dapat memengaruhi efisiensi pemasaran kepiting di Kecamatan Muara Gembong jika tak diiringi dengan bertambahnya fungsi pemasaran. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi sistem pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran kepiting bakau pada musim kemarau dan musim hujan di Kecamatan Muara Gembong. Penentuan sampel untuk populasi nelayan menggunakan metode purposive sampling. Selanjutnya dilakukan metode snowball sampling untuk menentukan lembaga pemasaran. Total responden berjumlah 34 responden dari 28 nelayan, tiga penjual bakulan, dan tiga penjual pedagang pengumpul besar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pemasaran kepiting bakau di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi terdapat dua pola saluran pemasaran. Saluran pemasaran I terdiri dari nelayan, pengumpul kecil, dan pengumpul besar, sedangkan saluran pemasaran II terdiri dari nelayan dan pengumpul besar. Berdasarkan nilai marjin pemasaran, rasio keuntungan dan biaya yang memiliki nilai terbesar yaitu pada saluran pemasaran II hal ini menunjukan lebih eifisein. Namun yang memiliki volume terbesar yaitu saluran pemasaran I yang menunjukan lebih efisien dari sisi volume.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]