Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Rumah Tangga Muslim dalam Pembelian Frozen Food Berlabel Halal.
View/ Open
Date
2024Author
Nuruzzaman, Ranady
Ali, Khalifah
Hasanah, Qoriatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Selama pandemi, 64% masyarakat Indonesia lebih memilih membeli produk UMKM melalui e-commerce dan produk yang paling banyak dibeli hingga 55% adalah makanan, terutama frozen food. Permintaan makanan beku pada tahun 2020 meningkat secara signifikan sebesar 17% dibandingkan dengan tahun 2019. Di sisi lain, produk frozen food memiliki risiko tinggi dan memerlukan perlakuan khusus untuk mempertahankan status kehalalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli dan perilaku konsumen dalam membeli frozen food berlabel halal. Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta Selatan dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden ibu rumah tangga. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan religiusitas berpengaruh signifikan dan positf terhadap minat beli frozen food berlabel halal. Minat beli berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian frozen food berlabel halal, lalu norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan religiusitas secara tidak langsung berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian frozen food berlabel halal. Adapun, sikap dan kesadaran halal berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap minat beli frozen food berlabel halal. Kata Kunci: perilaku. frozen food, rumah tangga Muslim, SEM-PLS
Collections
- UT - Syariah Economic [402]