Show simple item record

dc.contributor.advisorAtmakusuma, Juniar
dc.contributor.advisorBurhanuddin
dc.contributor.authorRoufurrohim, Uuf
dc.date.accessioned2024-05-30T09:00:57Z
dc.date.available2024-05-30T09:00:57Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152453
dc.description.abstractPerubahan pola konsumsi makanan dalam masyarakat kepraktisan, cita rasa dan gizi, direspon industri pengolahan daging ayam dengan mengembangkan dan memproduksi makanan cepat saji, diantaranya yang cukup populer di masyarakat yaitu chicken nugget. Besarnya potensi pasar produk chicken nugget, menyebabkan tumbuhnya industri ini dan menarik para pesaing untuk memasuki industri. Dalam upaya pengembangan atau penciptaan pasar, perlu mempelajari karakteristik dari konsumen dan bagaimana menciptakan suatu nilai (value) mengenai produk bagi konsumen. Dengan cara ini perusahaan akan mampu menciptakan kebutuhan bagi konsumen dan tidak sekedar mengikuti kebutuhan konsumen. Selain itu, pemanfaatan segmentasi pasar pun perlu dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta yang bertujuan (1) Identifikasi konsumen chicken nugget merek "X" berdasarkan variabel demografi dan perilaku dan (2) Merumuskan segmentasi pasar chicken nugget merek "X" berdasarkan demografi, perilaku dan psikografi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen chicken nugget di wilayah DKI Jakarta, jumlah sampel responden yang menjadi sampel sebanyak 200 orang. Jakarta dibagi menjadi lima wilayah, yaitu: wilayah barat, pusat, timur, selatan dan utara dan jumlah responden sebanyak 40 orang pada setiap wilayah. Pada pasar modern dan pasar tradisional diambil sampel masing-masing 20 orang secara random accidental sampling. Artinya pengambilan sampel secara acak yang kebetulan ditemui sedang membeli chicken nugget merek "X" di tempat penjualan. Responden yang dipilih berusia 16 tahun ke atas dan dapat berkomunikasi dengan baik. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan, yaitu bulan April sampai dengan bulan Juni 2002. analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis chi square automatic interaction detector (CHAID). Analisa CHAID berdasarkan demografi yang menjadi variabel terikat adalah wilayah DKI Jakarta dan tujuh variable penjelas, yaitu jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan, pengeluaran per bulan, jumlah anggota rumah tangga dan siklus hidup keluarga. Hasil analisis CHAID terhadap tujuh variabel penjelas menghasilkan tiga variabel yang membentuk segmen, yaitu: siklus hidup keluarga, pekerjaan dan usia. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKajian segmentasi pasar chicken nugget merek "X"id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordSegmentasiid
dc.subject.keyworddemografiid
dc.subject.keywordperilakuid
dc.subject.keywordpsikografiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record