Show simple item record

dc.contributor.advisorMoesa, Zulfikar
dc.contributor.advisorCyrilla, Lucia
dc.contributor.authorPerjaman, Hakiki Primasetya
dc.date.accessioned2024-05-30T07:29:01Z
dc.date.available2024-05-30T07:29:01Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152410
dc.description.abstractMeningkatnya pendapatan masyarakat serta perubahan pola konsumsi, menyebabkan konsumsi daging sapi nasional cenderung terus meningkat dengan tingkat konsumsi pada tahun 1998 sebesar 7,34 kg per kapita per tahun, sedangkan kemampuan produksi dalam negeri hanya sebesar 370400 ton daging sapi(Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan, 1998). Pemerintah memproyeksikan kebutuhan daging sapi untuk tahun 2003, dan 2004 masing-masing sebesar 450000 ton dan 479000 ton (Bank Indonesia, 2002). Kondisi perekonomian Indonesia memberi dampak pada persaingan perusahaan dalam industri sapi potong. Daya saing produk serta pangsa pasar yang semakin besar menyebabkan peningkatan persaingan dalam industri ini. Perusahaan yang berada pada posisi yang tidak menguntungkan dituntut untuk meningkatkan posisinya ke kondisi yang lebih baik sedangkan perusahaan yang berada pada posisi yang menguntungkan dituntut untuk mempertahankan posisinya. PT. Lembu Jantan Perkasa merupakan produsen yang bergerak dalam bidang penggemukan dan perdagangan sapi potong. Perusahaan dituntut untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi agar dapat beradaptasi sehingga mampu bertahan dan mengembangkan usahanya. Analisis lingkungan akan memberikan kesempatan kepada manajemen untuk meneliti faktor-faktor lingkungan yang menjadi kendala atau yang memberi peluang terhadap pelaksanaan strategi perusahaan. Strategi yang dijalankan perusahaan merupakan reaksi atas perubahan- perubahan lingkungan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mempelajari dan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui peluang, kekuatan, ancaman dan kelemahan PT. Lembu Jantan Perkasa, dan 2) memformulasikan strategi bisnis sapi potong PT. Lembu Jantan Perkasa. Desain dari penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat deskriptif analitis di PT. Lembu Jantan Perkasa. Penelitian dilakukan sampai pada tahap formulasi dan penentuan prioritas strategi. Lingkungan internal perusahaan dianalisis dengan menggunakan analisis fungsional, sedangkan lingkungan eksternal perusahaan menggunakan analisis lingkungan makro dan analisis lingkungan industri. Hasil analisis atas lingkungan perusahaan diperoleh kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kekuatan perusahaan berupa kualitas sapi potong yang baik, lokasi farm yang berada dekat dengan pasar potensial sapi potong, pakan diproduksi sendiri oleh pabrik pakan yang berlokasi di Tambun sehingga dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah, koordinasi antar karyawan maupun bagian dapat dilakukan dengan relatif mudah karea jumlahnya yang sedikit dan sosialisasi kebijakan- kebijakan baru akan lebih cepat, jumlah sumber daya manusia cukup memadai, jalur distribusi yang baik, pengetahuan informasi yang berkembang di pasar sapi potong ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis strategi bisnis sapi potong PT Lembu Jantan Perkasa, Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record