Pemilihan jenis media iklan dalam strategi pemasaran PT Seaworld Indonesia dengan menggunakan proses hirarki analitik
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi andalan untuk meningkatkan devisa negara. Seiring dengan ketatnya persaingan dalam dunia kepariwisataan saat ini dan rendahnya apresiasi masyarakat terhadap keindahan dan fungsi kehidupan bawah laut serta semakin pesatnya pertumbuhan periklanan di Indonesia, mendorong PT. SeaWorld Indonesia (PT. SWI) sebagai salah satu sarana rekreasi dan hiburan yang memanfaatkan sumberdaya perikanan untuk melakukan kegiatan/strategi promosi. Untuk itu, tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik dan persepsi pengunjung terhadap fasilitas rekreasi dan promosi yang ditawarkan oleh PT. SWI; (2) Mempelajari strategi penempatan iklan terhadap produk perusahaan; (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan jenis media iklan; (4) Melakukan analisis terhadap berbagai media yang ada bagi pengiklan melalui Proses Hirarki Analitik (PHA). Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah: (1) Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pada Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, dan meningkatkan kemampuan dalam mengamati, mengumpulkan, menganalisis data, serta melatih berpikir ilmiah; (2) Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam mengevaluasi terhadap efektivitas pemilihan jenis media iklan melalui PHA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan satuan kasusnya adalah PT. SWI, Jakarta Utara. Jenis data yang dihimpun adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pengunjung SWI dan pihak PT. SWI dengan bantuan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS), Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya (Deparsenibud), literatur, artikel dan tulisan yang berhubungan dengan topik penelitian. Pengambilan contoh untuk melihat gambaran umum pengunjung SWI adalah incidental dan probability sampling, dimana respondennya adalah pengunjung SWI sebanyak 100 orang. Sedangkan pengambilan contoh/responden mengenai teknik pengambilan keputusan dalam prioritas pemilihan jenis media iklan digunakan metode purposive (sengaja) dan sebagai respondennya adalah Manajer...
Collections
- UT - Agribusiness [4548]