Show simple item record

dc.contributor.advisorHerlina, Lien
dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.authorPutra, Rizal Eka
dc.date.accessioned2024-05-24T02:27:55Z
dc.date.available2024-05-24T02:27:55Z
dc.date.issued1995
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151535
dc.description.abstractGabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), adalah merupakan produsen susu segar terbesar di Indonesia yang memasok bahan baku ke industri-industri besar di dalam negeri. Disamping itu GKSI memproduksi susu pasteurisasi dengan merek Alam Murni. Konsumsi susu pasteurisasi cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan konsumsi susu olahan jenis lain- nya. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya jangkauan pemasaran, harga relatif lebih mahal daripada susu olahan lain, dan susu olahan lain yang lebih praktis dalam penyimpanan dan penyajian serta tahan lama. Dengan makin meningkatnya taraf hidup masyarakat serta peningkatan jumlah penduduk maka kebutuhan akan produksi susu akan terus mengalami peningkatan. Berdasar- kan kondisi tersebut maka permasalahan yang timbul dari persaingan tersebut adalah bagaimana keragaan susu Alam Murni, bagaimana memperluas pangsa pasar dan apakah bauran pemasaran yang ada perlu ditingkatkan. Berdasarkan permasalahan ini maka tujuan penelitian adalah mengestimasi pasar potensial susu pasteurisasi, menganalisis/mengevaluasi kinerja pemasaran susu Alam Murni dan merekomendasi alternatif sistim pemasaran. Dalam geladikarya ini digunakan metoda studi kasus yang menyangkut bidang kajian manajemen pemasaran di GKSI Korda Jawa Barat, Bandung. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung, wawancara langsung dengan staf, karyawan serta pimpinan GKSI dan laporan manajemen perusahaan. Sedangkan data sekunder diperoleh berupa data makro dari Departemen Perdagangan, Departemen Pertanian dan instansi lain yang terkait beserta berbagai daftar perpustakaan lainnya. Pendekatan analisis kualitatif menggunkan faktor eksternal dan bauran pemasaran yang dilakukan oleh GKSI. Perhitungan efisiensi terhadap biaya pemasaran, pengolahan data dilakukan dengan menghitung kontribusi saluran pemasaran, tingkat keuntungan dan peramalan penjualan. Hasil pengamatan menunjukan pemasaran produk susu Alam Murni dipengaruhi oleh lingkungan eksternal. Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat yang menuntut per- baikan mutu kehidupan, maka jumlah permintaan terhadap produksi susu akan terus mengalami peningkatan. Semakin meningkat jumlah permintaan akan produk susu menyebabkan tumbuhnya persaingan baik produk susu pasteurisasi maupun produk susu olahan lainnya. Persaingan akan makin mening- kat dengan berlakunya pasar global, dimana peraturan yang diberlakukan akan dikurangi. Dengan adanya persaingan yang makin meningkat ini, maka perusahaan semakin dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Bauran pemasaran yang diterapkan oleh GKSI menunjukan bahwa produk yang dihasilkan adalah sebanyak enam jenis produk antara lain yaitu Susu Murni, Susu Strawberi, Susu Coklat, Susu Trim, Yoghurt dan Krim. Strategi penetapan harga sebagai Pengikut harga (price follower) dari perusahaan pesaing. Saluran distribusi yang dipakai adalah tiga saluran pemasaran yaitu Alphabet (Distributor), Armada pemasaran langsung dan Sub-distribu- tor. Sedangkan untuk promosi yang dilakukan dalam pemasa- ran masih rendah. GKSI sebagai penggarap relung pasar, strategi yang dapat dilakukan adalah pengikut pasar (market-follower). dst...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleKajian Sistem Pemasaran Susu Pasteurisasi Merek Alam Murni : Studi Kasus Di Gabungan Koperasi Susu Indonesia, Bandungid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordPemasaran susuid
dc.subject.keywordKoperasi susuid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record