Show simple item record

dc.contributor.authorSihaloho, Tiur Mariani
dc.date.accessioned2010-05-07T07:29:52Z
dc.date.available2010-05-07T07:29:52Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/15147
dc.description.abstractSektor pertanian masih tetap berperan besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia, sektor pertanian menjadi sektor unggulan dalam menyusun strategi pembangunan nasional. Subsektor perkebunan merupakan bagian dari sektor pertanian, subsektor ini mengalami pertumbuhan paling konsisten, baik ditinjau dari areal maupun produksi. Salah satu komoditi unggulan perkebunan Indonesia adalah kopi. Indonesia merupakan negara kedua eksportir kopi dunia, tetapi pada tahun 2007, menurut Direktorat Jenderal Perkebunan, Indonesia juga mengimpor kopi dalam jumlah besar. Oleh karena itu strategi pengembangan agribisnis kopi perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri. Salah satunya dengan mengembangkan kopi dari daerah-daerah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal yang menentukan pengembangan kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan, (2) Merumuskan alternatif strategi pemerintah daerah dan memilih prioritas strategi yang tepat dalam pengembangan agribisnis kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan yang merupakan salah satu Kabupaten sentra kopi di Sumatera Utara. Waktu pengumpulan data dilakukan selama bulan Juni-Juli 2009. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak delapan orang. Pengambilan responden usahatani dilakukan dengan sengaja (purposive). Pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis dalam penelitian meliputi analisis internal dan eksternal, dilanjutkan dengan analisis Internal-Eksternal, analisis Strengths,Weaknesess, Opportunities, Threats (SWOT) dan Quantiative Strategy Planning Matrix (QSPM), untuk merumuskan dan menetapkan prioritas strategi bagi pengembangan kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan. Analisis terhadap faktor internal dalam Pengembangan Agribisnis Kopi di Humbang Hasundutan, menunjukkan faktor kekuatan mampu mengatasi faktor kelemahan yang dimiliki kawasan tersebut. Secara umum menunjukkan bahwa Pengembangan Agribisnis Kopi dibawah rata-rata dalam kekuatan internalnya secara keseluruhan, hal ini ditunjukkan dengan total nilai bobot skor 2,483. Ini berarti berarti Pemerintah Daerah/Dinas Pertanian Subdinas Perkebunan dan masyarakat/petani secara internal (kekuatan dan kelemahan) belum baik (kuat), dalam upaya pengembangan kopi di Humbang Hasundutan. Hasil analisis eksternal menunjukkan Pemerintah Daerah/Dinas Pertanian Subdinas Perkebunan dan masyarakat/petani telah merespon dengan baik terhadap peluang dan ancaman yang dimiliki, yang berarti bahwa faktor peluang eksternal dalam upaya Pengembangan Agribisnis Kopi di Humbang Hasundutan dapat mengatasi ancaman yang dihadapinya dan dapat mengambil peluang sebaik mungkin Hasil pencocokan IE menjelaskan bahwa strategi pengembangan agribisnis kopi Kabupaten Humbang Hasundutan adalah pertahanan dan pemeliharaan, yaitu terdiri dari strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk Penggabungan faktor internal dan eksternal dan analisis Internal- Ekasternal dalam matriks Strengths,Weaknesess, Opportunities, Threats (SWOT) dalam Pengembangan Agribisnis Kopi Humbang Husundutan, menghasilkan beberapa alternatif strategi yaitu sebagai berikut :1) Meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia melalui pelatihan dan memperluas usahatani kopi yang berkualitas dan jaringan pemasaran, 2) Membentuk dan membina lembaga penelitian untuk Research & Development serta mendukung asosiasi kopi dalam pengembangan kopi organik, 3) Menguatkan modal untuk usaha agribisnis dan memperluas jaringan pemasaran, 4) Melakukan pembinaan, pengembangan pemberdayaan kelembagaaan dan manajemen usahatani, 5) Memperbaiki rantai pemasaran kopi melalui lembaga yang terkait, khususnya dalam penetapan harga dasar kopi, 6) Menciptakan kerjasama yang baik dengan pihak investor. Hasil Quantiative Strategy Planning Matrix (QSPM), menunjukkan bahwa strategi yang menjadi prioritas utama dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 6,145 adalah strategi “ Meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia melalui pelatihan dan memperluas usahatani kopi yang berkualitas dan jaringan pemasaran”. Kemudian strategi yang memiliki nilai Total Attractiveness Score (TAS) terkecil adalah strategi “ Menciptakan kerjasama yang baik dengan pihak investor” dengan nilai sebesar 5,311. Saran yang diberikan dari hasil penelitian adalah Pemerintah daerah melalui institusi terkait, hendaknya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui kelembagaan, membentuk balai penelitian untuk Research & Development, khususnya bibit kopi unggul, sehingga petani mudah memperoleh bibit. Pemerintah juga hendaknya mendukung dan menjadi fasilitator bagi pengembangan asosiasi kopi yang telah ada, karena hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Disamping itu pemerintah juga hendaknya membuat regulator dalam pemasaran kopi khususnya penetapan harga dasar kopi agar pedagang pengumpul dapat terkontrol dalam menetapkan harga kopi.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleStrategi Pengembangan Agribisnis Kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utaraid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record