Show simple item record

dc.contributor.advisorKrisnamurthi, Y. Bayu
dc.contributor.advisorHerlina, Lien
dc.contributor.authorHantarbumi, Djuwandi
dc.date.accessioned2024-05-23T10:54:52Z
dc.date.available2024-05-23T10:54:52Z
dc.date.issued1997
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151413
dc.description.abstractKoperasi Jasa Usaha Bersama (KJUB) PUSPETASARI, merupakan badan usaha yang berbentuk Koperasi Sekunder yang didirikan oleh koperasi-koperasi primer yang empat diantaranya merupakan KUD yang bergerak dalam usaha persusuan. Oleh sebab itu maka salah satu unit usaha KJUB PUSPETASARI adalah memproduksi pakan sapi yang saat ini bukan hanya untuk sapi perah tetapi juga untuk sapi potong. Produk pakan ternak ini pemasarannya masih terbatas didalam negeri. Dalam menghadapi era globalisasi termasuk komitmen Asean Free Trade Area (AFTA) tahun 2003 nanti serta terjadinya perubahan lingkungan baik lingkungan eksternal maupun internal serta makin meningkatnya persaingan maka perusahaan harus tanggap dalam merespon dan melakukan strategi usahanya. Dari latar belakang permasalahan tersebut maka Geladikarya ini dibuat dengan mengkaji masalah eksternal dan internal serta masalah persaingan juga strategi generik maupun implementasinya dalam bauran pemasaran produk pakan termak. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus di KJUB PUSPETASARI dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran nyata mengenal kondisi perusahaan. Data yang dikumpulkan berupa data primer maupun data sekunder dengan mengadakan wawancara maupun kuesioner. Faktor-faktor yang dianlisa diberi bobot dan skala untuk mendapatkan nilai terbobot. Hasil analisa pakan ternak menunjukkan bahwa peluang usaha dibidang ini masih terbuka luas. Dari External Factor Evaluation (EFE) yang terdiri dari variable peluang dan ancaman nampak sebagai berikut: Peluang: Peluang untuk mendapatkan pasar baru masih terbuka terutama dari segi geografis. Daerah-daerah Populasi peternakan sapi masih banyak yang belum ulgarap sebagai pasar sasaran. . Lini produk yang ada kemasannya kurang bervariasi. Hanya satu kemasan dengan berat 40 kg. 3 . Masih banyak peternak yang belum menggunakan pakan tambahan berupa konsentrat. Pertumbuhan pasar yang menonjol adalah untuk sapi potong. Permintaan akan daging sapi belum dapat dipenuhi oleh penawaran dari dalam negeri. Sehingga prospek sapi potong nampak baik. Ancaman: 1. Suatu hal yang ironis pesaing baru justru juga dari dua KUD Primer pendiri KJUB PUSPETASARI, yang dengan dalih otonomisasi mendirikan pabrik pakan ternak bekerjasama dengan pengusaha, lain yaitu dari PT Sari Husada. 2. Kekuatan tawar menawar pembeli makin kuat karena makin banyaknya produk yang ditawarkan sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan. 3. Produk subtitusi berupa dedak padi atau katul sangat familier dimata peternak sebagai ransum sapi. Sebagian besar peternak adalah juga petani sehingga penggunaan katul sulit diatasi. 4. Berubahnya kebijakan Pemerintah. Hal ini menyangkut bahan baku berupa wheat pollard yang pengadaannya melalui fasilitas Banpres bisa dicabut. 5. Perubahan selera konsumen. Pakan ternak ada yang berbentuk Mash, Crumble atau Pallet. Dalam hal ini konsumen sering mengganti konsentrat dari bentuk mash menjadi crumble atau pallet dengan alasan bahwa sapinya menunjukkan gejala bosan dengan pakan berbentuk mash. Sedangkan dari Internal Factor Evaluation (IFE) yang terdiri dari Kekuatan dan Kelemahan dapat dianalisa sebagai berikut: Kekuatan: 1. Produk dari perusahaan ini mempunyai kompetensi dalam hal keterampilan dan teknologi yang memungkinkan menyediakan pakan sapi perah yang diperuntukkan bagi pedet dengan berbagai tingkatan umur. 2. Dengan adanya SDM yang mempunyai latar belakang pendidikan S2 serta para manajer yang mayoritas S1 serta didukung degan pengalaman kerja yang relatif cukup lama, juga dengan adanya Konsultan yang cukup berperan, maka masalah manajerial bisa diandalkan. dst...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisa Strategi Bauran Pemasaran Makanan Ternak Pada Kub Puspitasari""id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordStrategi Bauranid
dc.subject.keywordMakanan Ternakid
dc.subject.keywordKoperasi Jasa Usaha Bersamaid
dc.subject.keywordEFEid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record