Analisis Pemasaran dan Konsumsi Daging Sapi : Studi Kasus Di Jakarta Pusat
View/ Open
Date
1996Author
Atmanto, Sudar D.
Sanim, Bunasor
Anang, Husein
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan produksi dan permintaan konsumsi daging di Indonesia, beberapa tahun terakhir ini terus menunjukkan peningkatan. Peningkatan permintaan konsumsi daging tersebut sebagai implikasi dari naiknya jumlah penduduk dan tingkat pendapatan perkapita masyarakat. Adanya peningkatan permintaan konsumsi daging tersebut tentu dapat dipandang sebagai peluang bisnis bagi para pengusaha daging atau peternakan dalam mengembangkan usaha.
Menurut Direktur Jendral Peternakan, Departemen Pertanian (1993), bahwa jumlah daging yang dikonsumsi masyarakat, sekitar 25 persen merupakan jenis daging sapi. Tingkat konsumsi daging sapi oleh masyarakat DKI Jakarta, setiap tahun menunjukkan angka yang bertambah, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pendapatan masyarakat. Rata-rata kenaikkan penduduk DKI Jakarta mencapai sekitar 2,23 persen per tahun.
Kenaikkan tingkat konsumsi daging sapi untuk masyarakat DKI Jakarta, pada realitanya tidak hanya menyangkut aspek kuantitas saja, akan tetapi juga terjadi keragaman/variasi permintaan. Keragaman/variasi permintaan tersebut akan sangat berpengaruh pada kualitas daging sapi yang dikonsumsi. Pemilihan terhadap jenis daging sapi oleh konsumen, akan dipengaruhi oleh faktor perilaku dan preferensinya. Berdasarkan keadaan tersebut, maka dilakukan kegiatan geladikarya untuk mengetahui segmentasi pasar daging sapi. ...
Collections
- MT - Business [1040]