dc.description.abstract | Produk kerajinan tangan Indonesia merupakan salah satu komoditi yang memiliki prospek yang cerah. Saat ini komoditi tersebut banyak dijumpai di pasaran dalam negeri maupun luar negeri. Kondisi tersebut mengakibatkan industri kerajinan tangan semakin berkembang, dan persaingan diantara perusahaan dalam industri tersebut semakin meningkat.
Untuk dapat memenangkan persaingan, maka perusahaan harus dapat melakukan kegiatannya secara efisien dan efektif. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan fungsi manajemen perusahaan. Salah satu fungsi manajemen yang penting untuk mendapat perhatian dalam kondisi persaingan tersebut adalah fungsi pemasaran, terutama berkaitan dengan penyusunan strategi pemasaran perusahaan.
Tambora Wood Craft Centre yang merupakan unit bisnis dari PT. Veneer Products Indonesia, adalah perusahaan yang memproduksi kerajinan tangan dengan menggunakan bahan baku berupa limbah kayu yang berasal dari industri kilang penggergajian (saw mill). Diawal berdirinya, perusahaan bertujuan mendapat nilai lebih (credit point) dari Departemen Kehutanan sebagai perusahaan yang sanggup memberi nilai tambah pada limbah produksinya. Akan tetapi dengan semakin cerahnya prospek industri kerajinan tangan ini, maka perusahaan berkeinginan untuk memperoleh laba dari industri tersebut.
Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, perusahaan menemukan berbagai kendala, salah satunya adalah dalam penyusunan strategi pemasaran dalam menghadapi kondisi persaingan di lingkungan industri....dst | id |