Rekayasa Sistem Informasi Strategis Bank Perkreditan Rakyat(Bpr) Untuk Meningkatkan Daya Saing : Studi Kasus Bank Perkreditan Rakyat Talabumi Leuwiliang
View/ Open
Date
1997Author
Burhanuddin
Seminar, Kudang Boro
Pambudy, Rachmat
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada era globalisasi yang juga disebut dengan abad informasi, informasi merupakan komoditi yang sangat berharga. Masyarakat pada abad ini telah mengalami perubahan ke arah masyarakat informasi dengan ilmu pengetahuan sebagai basis kerjanya (knowlege worker). Kondisi ini pun membawa dampak terhadap strategi pengembangan perusahaan. Perusahaan dituntut untuk mengembangkan dirinya melewati berbagai batasan di atas.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai unit bisnis juga tidak terle- pas dari pengaruh perubahan informasi yang cepat ini. Sebagai bank yang secara operasional lebih menyentuh pada kegiatan ekonomi masyarakat seyogyanya berada pada tingkat daya saing yang menguntungkan. Ar- tinya, pada kompetisi yang semakin ketat, BPR harus lebih efisien dan inovatif dalam mengaplikasikan usahanya (misalnya dengan kredit usahata- ni yang ditinggalkan oleh bank-bak besar, karena dianggap beresiko tinggi). Ini berarti perlu perbaikan strategi pasar yang lebih berorientasi pada utilisasi informasi.
Untuk itu diharapkan BPR mampu melakukan penyempurnaan sistem dalam penyusunan program, evaluasi dan monitoring, terutama dalam operasionalisasi usaha. Kondisi ini membutuhkan ketersediaan informasi yang sudah berada pada alur Sistem Informasi Strategis (SIS) dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM). Implikasinya, informasi merupakan hal strategis dan penting yang harus dibenahi.
Langkah-langkah penting yang diperlukan untuk membangun Sistem Informasi Strategis dalam meningkatkan daya saing BPR adalah: (1) melakukan identifikasi dan melengkapi sistem pendataan sebagai dasar penyusunan Sistem Informasi Strategis; (2) membangun sumberdaya informasi strategis untuk menunjang keputusan-keputusan manajerial dan keterkaitannya dengan lembaga pendukung; dan (3) membuat Sistem Informasi Strategis untuk meningkatkan efisiensi opersional dan inovasi bisnis.
Collections
- MT - Business [1571]