View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisa Peluang Pasar Pisang Serta Implikasinya Pada Penembangan dan Pemasaran Pisang

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (42.18Mb)
      Date
      1998
      Author
      Satiyantari, Widi
      Sumarwan, Ujang
      Maulana, Agus
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Permintaan dunia terhadap buah-buahan tropis terutama pisang terus meningkat. Menurut ITC/UNSO impor dunia terhadap pisang segar pada tahun 1995 sebesar 11.048.897 ton senilai US$ 5.722.491 meningkat tajam dibanding tahun 1998 yang hanya 7.385.140 ton dengan nilai US$ 339.242. Namun dari jumlah total perdagangan pisang dunia peran Indonesia hanya sekitar 9.157 ton senilai US$ 168.49 pada tahun 1995. Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk meningkatkan produksi dan ekspor pisang, mengingat keunggulan komperatif yang dimiliki. Keunggulan ini antara lain adanya iklim yang mendukung, tanah yang subur dan tersedianya tenaga kerja yang murah sehingga memungkinkan produksi dilakukan sepanjang tahun. Pengembangan hortikultura antara lain pisang secara komersial masih menghadapi kendala antara lain terpencarnya lokasi usaha dengan skala usaha yang umumnya sangat kecil. Bibit unggul dalam jumlah besar, tepat waktu, dan harga murah sukar didapat, dalam hal teknis budidaya kemampuan petani beragam sehingga berpengaruh terhadap kualitas produksi yang dihasilkan. Dipihak lain produk buah- buahan yang mudah rusak menyebabkan para investor kurang berminat untuk menanamkan investasinya. Fasilitas kredit yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk Kredit Usaha Tani untuk petani/kelompok tani penyerapannya kecil mengingat persyaratan dari pihak Bank yang sulit diterima petani. Posisi tawar menawar petani sangat lemah, di tambah struktur pasar yang bersifat oligopsoni. Pemasaran pisang luar negeri dihadang masalah berupa tidak dapat memenuhi kualitas dan kontinuitas serta volume pasokan, belum adanya dukungan distribusi dengan sarana pendingin yang memadai dan biaya angkutan yang relatif mahal. Kondisi perekonomian sekarang telah mendorong pemerintah untuk menggalakkan ekspor dalam rangka penambahan devisa negara. Upaya yang dilakukan adalah bagaimana meningkatkan daya saing produk di pasaran baik dalam negeri maupun di luar negeri. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirumuskan masalah (1) Bagaimana peluang pasar pisang segar dan olahan (2) Bagaimana memanfaatkan potensi yang ada untuk mengisi peluang pasar tersebut; (3) Bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan perusahaan selama ini dan apa saja permasalahannya (4) Bagaimana pola pengembangan dan pemasaran pisang yang akan datang dst....
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151309
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository