Perencanaan Jangka Panjang Pabrik Spiritus (Ps) Madukismo Yogyakarta
View/ Open
Date
1998Author
Bintoro, Gatot
Djohar, Setiadi
Suroso, Arif Imam
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebijakan pemerintah menutup sebagian pabrik gula di Jawa dan pengembangannya diluar Jawa berpengaruh pada jumlah produsen dan penyediaan bahan baku alkohol (tetes) nasional, karena pengembangan pabrik gula diluar Jawa tidak diikuti dengan pengembangan industri hilir seperti pabrik alkohol/spiritus. Salah satu penyebab kurang berkembangnya industri alkohol yang menggunakan bahan baku tetes. tebu adalah kurang pengetahuan dan promosi akan industri tersebut. Pada saat ini hanya 8 perusahaan alkohol/spiritus yang mampu bertahan. salah satu perusahaan tersebut adalah Pabrik Spiritus Madukismo Yogyakarta yang berdiri tahun 1955. Pabrik Spiritus Madukismo dan Pabrik Gula (PG) Madukismo merupakan perusahaan dibawah P2G Madubaru PT dan sejak tahun 1984 mengadakan kontrak manajemen dengan PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sampai dengan tahun 2004.
Salah satu masalah yang terjadi di Perusahaan Perkebunan adalah kurangnya perhatian dalam pembuatan perencanaan jangka panjang. Hal ini berakibat banyaknya penyimpangan antara rencana dengan realisasi sehingga perlu dibuat perencanaan jangka panjang yang rasional. Sesuai hal tersebut maka fokus penelitian ini adalah mengkaji kondisi eksternal dan internal Pabrik Spiritus Madukismo, agar perusahaan mengetahui posisi saat ini dan dapat merencanakan strategi dimasa datang sampai tahun 2002 dengan perencanaan jangka panjang yang baik.
Geladikarya ini bertujuan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui posisi perusahaan dalam industri alkohol dan menyusun langkah perbaikan dalam bentuk rencana jangka panjang Pabrik Spiritus Madukismo. Sedang hasil geladikarya ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan masukan bagi Pabrik Spiritus Madukismo dalam menilai kegiatan yang akan dan telah dilakukan serta dalam membantu penyusunan Rencana Jangka Panjang (RJP) perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang luas dan lengkap mengenai perusahaan. Dalam menganalisis data Pabrik Spiritus Madukismo dilakukan tahapan identifikasi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahannya. Selanjutnya untuk mengetahui bobot dan nilai dari masing-masing faktor peluang, ancaman, kekuatan, kelemahan digunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden manajemen dst...
Collections
- MT - Business [1040]