Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Sawit (Crude Palm Oil) Kantor Pemasaran Bersama Pt. Perkebunan
View/ Open
Date
1996Author
Salman, Ferry
Sumarwan, Ujang
Suroso, Arif Imam
Metadata
Show full item recordAbstract
Bagian pasar minyak sawit pada tahun 1986 adalah 10.86% dari pasar empat jenis minyak nabati mayoritas (sawit, kedele, lobak, dan bunga matahari), dan meningkat tajam menjadi 16.27% pada tahun 1994. Peningkatan bagian pasar minyak sawit selama 8 tahun tersebut 5.41% lebih tinggi dibanding minyak kedele (0.99%), minyak lobak (1.63%), bahkan minyak bunga mata- hari mengalami penurunan sebesar 0.91% (Oil World, 1995).
Dari gambaran produksi minyak kelapa sawit dunia, produksi minyak sawit didominasi oleh Indonesia. Dengan perkiraan dominasi tersebut yang didukung oleh perkiraan bagian pasar minyak kelapa sawit yang terus meningkat pula, maka produsen minyak kelapa sawit mengantisipasi hal ini dengan pene- rapan strategi pemasaran yang lebih baik, sehingga bagian pasar yang ada dapat dilayani
Kantor Pemasaran Bersama (KPB) merupakan suatu organisasi yang memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Salah satu produknya adalah minyak kelapa sawit yang dikelola oleh Divisi Sawit. Dari sisi pemasaran, keberadaan KPB adalah untuk menggabung- kan kekuatan yang ada dari semua PTPN, sehingga akan memudahkan untuk melakukan penetrasi pasar, meningkatkan bagian pasar, serta memperkuat dalam negosiasi...dst
Collections
- MT - Business [1042]