Analisis Segmen Pasar Kartu Kredit Di Wilayah X" dan Implikasinya Dalam Strategi Pemasaran Kartu Kredit Bank Bni"
View/ Open
Date
1998Author
Parwoto, Noor
Sumarwan, Ujang
Maulana, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mencari jawaban atas masalah tersebut di atas, yaitu dengan menganalisis: (1) Hubungan karakteristik demografi konsumen dengan kepemilikan Kartu Kredit (2) Persepsi konsumen atas Kartu Kredit (3) Pola penggunaan Kartu Kredit (4) Popularistas / Pengetahuan Konsumen mengenai Kartu Kredit dan (5) Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang memilih / memiliki Kantu Kredit. Hasil analisis yang merupakan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diimplikasikan ke dalam strategi pemasaran yang lebih efektif dalam mengatasi persaingan, lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen, dengan tujuan akhir menigkatkan pangsa pasar Kartu Kredit Bank BNI.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dan menggunakan alat analisis berupa (1) Analisis tabulasi dan tabulasi silang antar berbagai variabel yang diteliti, untuk mengetahui hubungannya maupun bobot / prioritas antar variabel (2) Analisis Khi Square untuk mengetahui derajat hubungan antar variabel (hubungannya nyata atau tidak nyata) (3) Initial Factor Method (IFM) untuk menjabarkan posisi masing-masing variabel pada peta persepsi konsumen atas Kartu Kredit. Analisis IFM menggunakan program komputer. Penelitian IFM dilakukan antara lain untuk mengetahui hubungan berbagai variabel demografi dengan berbagai persepsi atau penilaian konsumen tentang Kartu Kredit secara menyeluruh / simultan.
Dari hasil analisis, khusus yang berhubungan dengan segmentasi pasar diketahui bahwa: Faktor demografi yang berhubungan nyata dengan kepemilikan Kartu Kredit adalah: Status Pekawinan, Umur, Penghasilan, Keturunan (Ras) dan Jenis Pekerjaan. Sehubungan dengan hal tersebut, sasaran pemasaran Kartu Kredit dapat difokuskan kepada segmen pasar (konsumen) dengan ciri faktor demografi tersebut.
Collections
- MT - Business [4046]
