Pengelolaan Persediaan Uang Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Bank : Studi Kasus Pada Pt Bank X Cabang B
View/ Open
Date
1997Author
Murtjito, Bambang
Gumbira-Said, E
Basith, Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam melaksanakan fungsinya sebagai penghimpun dana masyarakat, maka modal utama bagi suatu bank adalah kepercayaan masyarakat. Kepercayaan masyarakat dapat dipenuhi apabila suatu bank dapat memenuhi semua kewajibannya, terutama dalam memenuhi dana yang ditarik masyarakat yang terjadi sewaktu-waktu dalam bentuk uang tunai. Di lain pihak, bank dihadapkan pada unsur ketidakpastian mengenai waktu dan jumlah penarikan kredit maupun penarikan dana yang dilakukan oleh masyarakat. Bagi kantor cabang sebuah bank, masalah pemeliharaan alat likuid khususnya dalam bentuk uang tunai sangat penting terutama bagi Kantor Cabang Bank yang jauh dari kedudukan Kantor Cabang Bank Indonesia, sehingga sering kali kebutuhan uang tunai (cash supply) tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang cepat. Di lain pihak, apabila uang tunai tersedia cukup besar akan menimbulkan inefisiensi, karena kelebihan uang tunai yang tersimpan di brankas cabang tidak dapat dioperasikan oleh Kantor Pusatnya. Permasalahannya adalah bagaimana PT. Bank X Kantor Cabang B melakukan pengelolaan kasnya agar pelayanan kepada nasabah tidak terganggu, faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pengelolaan uang kas, bagaimana PT. Bank X Kantor Cabang B mengatasi kendala tersebut, serta bagaimana PT. Bank X Cabang B menyiasati ketidakteraturan pola penarikan maupun penyetoran uang tunai yang dilakukan oleh nasabah agar tercapai bentuk pelayanan yang unggul.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka geladikarya ini memiliki beberapa tujuan, yaitu melakukan kajian terhadap manajemen kas yang dilakukan pihak manajemen PT. Bank X Kantor Cabang B, menganalisa kendala-kendala yang dihadapai PT. Bank X Kantor Cabang B di dalam mengelola kas dan menganalisa pola penarikan dan penyetoran uang tunai oleh nasabah. Dengan tercapainya tujuan tersebut, diharapkan geladikarya ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi pihak manajemen PT. Bank X Kantor Cabang B dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan kasnya.
Collections
- MT - Business [1040]