Kajian Strategi Pemasaran Produk Susu Pasteurisasi Di Pt. Fajar Taurus Indonesia
View/ Open
Date
1998Author
Nastiti, Mailia Gemi
Herlina, Lien
Maulana, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Di negara maju, susu bukan lagi merupakan bahan pangan yang mewah, tetapi merupakan bahan pangan biasa dan banyak bahan pangan lain yang bahan dasamya dari susu. Ini berbeda dengan negara berkembang, termasuk Indonesia, dimana susu masih dianggap sebagai bahan pangan mewah bagi sebagian masyarakat. Konsumsi susu masyarakat Indonesia rata-rata empat liter (setara susu segar) per kapita per tahun, dan distribusinya tidak merata. Jika dikaji dari besarnya jumlah penduduk dan tingginya laju pertumbuhan pendapatan serta makin tingginya pendidikan, pasar bagi susu di Indonesia masih sangat potensial.
Salah satu industri pengolahan susu yaitu PT. Fajar Taurus Indonesia (FTI), adalah perusahaan yang memproduksi susu olahan yang juga mengelola peternakan sapi perah, sebagai pemasok bahan baku utama susu sapi segar alami. FTI memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, untuk meningkatkan nilai tambah produk sebelum produk dikirim atau diserahkan ke konsumen.
Terjadinya krisis yang melanda Indonesia saat ini berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis industri pengolahan susu karena dengan menurunnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar US mengakibatkan melonjaknya harga bahan baku susu yang diimpor dari luar negeri sehingga harga susu olahan yang diproduksi mengalami kenaikan hingga mencapai 100% dari harga sebelum krisis. Salah satu strategi perusahaan yang sangat penting guna tujuan perusahaan adalah strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Strategi pemasaran yang tepat akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profitabilitas perusahaan. Terutama dalam mensiasati krisis ekonomi sekarang ini, dimana dengan melonjaknya harga susu olahan di pasaran, konsumen mulai melirik susu pasteurisasi lokal yang merupakan core product bagi FTI.
Agar dapat menghadapi persaingan dan memasuki pasar baru maka dibutuhkan strategi pemasaran yang sesuai dengan posisi dan kemampuan perusahaan itu sendiri. Posisi dan kerangka organisasi saat ini patut untuk diketahui dalam rangka guna mengetahui sejauh mana kekuatan dan kelemahan untuk menghadapi peluang dan hambatan dalam mencapai tujuan. Adanya. prospek cerah dalam usaha susu, mendorong perusahaan susu pasteurisasi untuk bersaing baik menaikkan laba maupun pangsa pasar yang ada. Sedangkan kondisi saat ini dimana tingkat penjualan FTI yang kecil (15%), belum seluruhnya termanfaatkan dengan baik. Diharapkan dari kajian aspek pemasaran ini dapat merancang formulasi strategi pemasaran yang bertujuan untuk menaikkan penjualan dan menaikkan keuntungan penjualan dengan kualitas susu murni, segar dan alami.
Bertitik tolak kondisi bidang tersebut maka permasalahan yang dihadapi olch FTI adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran yang telah dan sedang diterapkan oleh perusahaan agar dapat mencapai tujuan? 2) Bagaimana meinanfaatkan pangsa pasar dari produk Taurus melalui pengembangan strategi dst.....
Collections
- MT - Business [1566]