Strategi Pemasaran Produk Plywood : Studi Kasus Pt. Daya Sakti Unggul Corporation, Terbaik
View/ Open
Date
2000Author
Tadjuddin, Erma Amalia
Sanim, Busanor
Maulana, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu industri agribisnis yang menghadapi perubahan lingkungan bisnis adalah industri pengolahan kayu. Data menunjukkan bahwa industri Versebut merupakan salah satu industri penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Namun selama tujuh tahun terakhir produksi Plywood turun rata-rata sebesar 1.88 persen per tahun
Peran pemasaran sangat penting bagi PT DSUC untuk menghadapi persaingan yang tajam dengan perusahaan Plywood lain meliputi persaingan untuk memperebutkan pangsa pasar Selain itu hilangnya peranan APKINDO yang selama ini menetapkan strategi pemasaran bagi produsen kayu olahan termasuk PT DSUC membuat PT DSUC mau tidak mau menyusun strategi pemasaran sesuai dengan kondisi eksternal dan internal yang dihadapi
Permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana strategi pemasaran yang selama ini diterapkan oleh PT DSUC, (2) Bagaimana kondisi lingkungan yang dihadapi oleh PT DSUC (3) Bagaimana dan upaya upaya apa yang diperlukan agar PT DSUC dapat terus berkembang dalam meningkatkan strategi pemasarannya Berdasarkan perumusan masalah yang telah diuraikan maka tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji strategi pemasaran yang telah diterapkan PT DSUC dalam upaya pengembangan usahanya, (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor lingkungan yang mempengaruhi PT DSUC, (3) Merumuskan alternatif strategi pemasaran PT DSUC
Penelitian geladikarya ini dilakukan dalam bentuk metode kasus dengan melakukan pengumpulan data serta pengamatan langsung untuk menjawab permasalahan penelitian. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tujuan untuk memperoleh gambaran secara mendalam dan obyektif mengenai obyek penelitian. Untuk membantu memaparkan hasil analisis maka informasi disajikan dalam bentuk tabulasi, gambar maupun matriks sesuai dengan hasil yang diperoleh.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa PT DSUC memiliki keunggulan diendang dan lingkungan internal yaitu produksi, pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, sistem informasi dan penelitian dan pengembangan. Sedangkan analisis lingkungan industri memberikan gambaran bahwa secara keseluruhan industri Plywood yang dihadapi PT DSUC merupakan suatu industri yang memiliki daya tarik sedang. Analisis Matriks General Electric menunjukkan daya tarik industri dan kekuatan bisnis PT DSUC berada pada kategori sedang. Kemudian berdasarkan analisis tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen dapat diketahui bahwa PT DSUC dapat memenuhi kepuasan konsumen
Strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PT DSUC meliputi: (1) Strategi Produk: produk Plywood PT DSUC dirancang untuk pasaran ekspor. PT DSUC memproduksi produk Plywood berdasarkan selera dan permintaan konsumen dari masing-masing pasar utama ekspor. (2) Strategi Harga: harga produk Plywood PT DSUC di pasaran ekspor bervariasi tergantung jenis, kualitas, ukuran dan negara tujuan. Penetapan harga untuk setiap pasar tidak sama atau dibedakan berdasarkan permintaan atau penawaran Plywood di pasar tersebut. (3) Strategi Distribusi penjualan produk PT DSUC untuk pasar ekspor dilakukan melalui agen. (4) Strategi Promosi: Promosi yang dilakukan PT DSUC lebih ditujukan pada pembelian perorangan dalam jumlah besar (personal selling)
Alternatif strategi pemasaran yang diberikan bagi PT DSUC terdiri dari:
(1) Strategi Produk PT DSUC perlu melakukan modifikasi terhadap produk Plywood yang dihasilkan untuk memperpanjang usia produk dan juga memenuhi keinginan konsumen. Perubahan tersebut perlu dilakukan juga untuk mengatasi ancaman produk substitusi. (2) Strategi Harga survey konsumen menunjukkan bahwa harga produk Plywood PT DSUC dinilai relatif mahal. Untuk merespon hal tersebut maka PT DSUC perlu melakukan penyesuaian harga dengan cara memberikan potongan harga karena pembelian dalam jumlah banyak atau pelunasan kredit lebih awal. (3) Strategi Distribusi: perlu dilakukan untuk upaya pencarian pelanggan baru yang bersifat trading sekaligus pencarian agen-agen baru yang dapat menjadi jaringan PT DSUC. (4) Strategi Promosi: promosi yang dilakukan PT DSUC lebih ditujukan pada penjualan perorangan (Selling Personal) dan menekankan pada keunggulan kualitas produk Plywood dan dihasilkan oleh teknologi ramah lingkungan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di PT Daya Sakti Unggul Corporation, Tbk maka diajukan beberapa saran untuk dapat melakukan Implementasi dari rekomendasi strategi yaitu: (1) Dilakukan beberapa perbaikan yatu melakukan investasi pada sarana dan prasarana, menambah sumberdaya manusia pada divisi penelitian dan pengembangan serta memperluas kegiatan divisi tersebut pada kegiatan yang lebih difokuskan pada suatu terobosan baru dalam teknik produksi untuk menekan biaya dan menciptakan produk baru yang bemilar tambah, (2). Melakukan promosi dengan positioning baru yaitu produk Plywood tidak hanya memiliki kualitas bagus tetapi juga produk yang dihasilkan dan ramah lingkungan. Upaya ini dilakukan untuk menghadapi semakin gencamya perhatian masyarakat dunia terutama Eropa sebagai salah satu pasar target Perseroan akan isu lingkungan hidup dan ecolabeling (3) Aliansi dengan Perguruan Tinggi, lembaga penelitian dan perusahaan lain untuk mempermudah akses mendapatkan teknologi dan meningkatkan ketrampilan sumberdaya manusia karena kedua faktor tersebut sangat menentukan keberadaan Perseroan pada industri Plywood baik untuk saat ini maupun masa mendatang.
Collections
- MT - Business [4046]
