dc.description.abstract | Perusahaan Pacet Segar merupakan salah satu perusahaan yang berada di Kabupaten Cianjur dan bergerak dalam pemasaran sayur-mayur. Perusahaan ini bertindak sebagai pedagang besar (wholesaler) yang membeli sayur-mayur dari hasil petani pemasok kemudian memberi perlakuan berupa cleaning, sortasi, grading dan packing, kemudian memasarkan sayuran tersebut kepada konsumen seperti pasar swalayan, restoran, dan pasar umum.
Dalam pemasaran sayur-mayur yang dilakukan perusahaan, salah satu permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah belum adanya suatu strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik sayur-mayur yang mampu mengantisipasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang senantiasa mengalami perubahan dengan cepat. Alternatif strategi pemasaran yang tepat ini sangat dibutuhkan perusahaan, sebab produk sayur-mayur memerlukan. penanganan yang sangat hati-hati dan sesegera mungkin, memiliki sifat tidak tahan lama, mudah rusak, voluminous dan harganya sering mengalami fluktuasi.
Berdasarkan kenyataan itu, maka dirumuskanlah masalah (1) Belum optimalnya strategi pemasaran sayur-mayur yang dijalankan selama ini karena berbagai kendala internal dan eksternal perusahaan. (2) Belum adanya alternatif strategi yang efektif dan efisien dalam pemasaran sayur-mayur yang dilakukan perusahaan. Geladikarya ini bertujuan untuk (1) Mengkaji implementasi strategi pemasaran sayur-mayur yang dijalankan perusahaan selama ini (2) Menganalisa faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran perusahaan (3) Menformulasikan alternatif strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Penelitian dilakukan di Perusahaan Pacet Segar yang berlokasi di Kabupaten Cianjur mulai bulan Agustus 1998 sampai dengan Oktober 1998. Metode penelitian adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif, yang diperoleh dari sumber internal dan eksternal perusahaan. Data yang diperlukan dalam geladikarya dikumpulkan melalui beberapa metode, yaitu: observasi langsung di perusahaan, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada pimpinan dan karyawan perusahaan serta studi pustaka. ... | id |