dc.description.abstract | Bisnis jamu dan kosmetika tradisional merupakan bisnis yang mempunyai prospek cerah, mengingat adanya gerakan untuk kembali ke alam (back to nature) sehingga konsumen mulai mencari produk-produk yang alami dan ramah lingkungan. PT Mustika Ratu merupakan salah satu pelaku ekonomi yang bergerak dalam industri jamu dan kosmetika tradisional yang memanfaatkan keanekaragaman tanaman tersebut yang diolah secara modern. Perusahaan tersebut merupakan pelopor industri kosmetika tradisional Indonesia, bahkan saat ini merupakan pemimpin pasar dalam industrinya dengan pangsa pasar sebesar 27,87%.
Industri jamu dan kosmetika tradisional merupakan salah satu industri yang menghadapi perubahan lingkungan. Dalam kondisi seperti sekarang, dimana harga produk kosmetika impor menjadi mahal, produk kosmetika dalam negeri memiliki peluang yang besar untuk menembus pasar. Untuk dapat bersaing di pasaran internasional, PT Mustika Ratu harus dapat merumuskan keunggulan kompetitif yang dimiliki dibandingkan dengan produsen kosmetik dari pesaing mancanegara. Akan tetapi lingkungan eksternal bisnis merupakan lingkungan yang sulit diduga dan sulit untuk dikontrol perubahannya, sehingga perusahaan harus dapat menentukan strategi bersaing dalam menghadapi ketidakpastian mengenai apa yang terjadi di masa yang datang.
Perumusan strategi bersaing PT Mustika Ratu didasarkan pada perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnisnya. Perubahan faktor lingkungan dengan identifikasi faktor internal dan eksternal merupakan langkah awal untuk menentukan strategi bersaing yang akan dilakukan perusahaan. Hasil identifikasi lingkungan tersebut akan menghasikan isu-isu strategis. Analisis terhadap Isu- isu strategis akan mengeksplisitkan langkah-langkah strategis perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan.
Dari latar belakang tersebut, maka dirumuskan permasalahan yang
dihadapi PT Mustika Ratu sehubungan dengan formulasi strategi bersaing dalam
menghadapi perubahan lingkungan sebagai berikut (1) Bagaimana strategi
bersaing yang dilaksanakan perusahaan selama ini? (2) Faktor-faktor
lingkungan apa saja yang berpengaruh terhadap strategi bersaing perusahaan ?
(3) Bagaimana alternatif strategi bersaing perusahaan ? Tujuan dari geladikarya ini adalah (1) Memformulasikan alternatif strategi bersaing yang dapat dilakukan PT Mustika Ratu dalam menghadapi perubahan lingkungan dan (2) Mengidentifikasikan area bisnis strategis yang dapat dikembangkan PT Mustika Ratu untuk mengantisipasi perubahan lingkungan. Ruang lingkup dari geladikarya ini adalah difokuskan pada identifikasi peluang, ancaman, kekuatan dan kelamahan perusahaan serta area bisnis strategis untuk produk kosmetika dan jamu tradisional yang dapat dikembangkan PT Mustika Ratu dalam upaya manghadapi perubahan lingkungan perusahaan dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan.
Metode penelitian geladikarya ini adalah metode deskriptif dimana dilakukan pengumpulan data untuk menjawab permasalahan yang ada dan dilakukan dalam bentuk studi kasus. Pada langkah awal akan diidentifikasi adanya peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, kemudian identifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Langkah selanjutnya adalah Identifikasi area bisnis strategis yang potensial untuk dimasuki perusahaan. Hasil identifikasi akan disesuaikan dengan kemampuan perusahaan untuk masuk ke dalam area bisnis strategis tersebut. ... | id |