Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorWagiono, Yayah K
dc.contributor.authorChairini, Fauzi
dc.date.accessioned2024-05-23T03:36:47Z
dc.date.available2024-05-23T03:36:47Z
dc.date.issued1998
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151128
dc.description.abstractSalah satu produk jasa perbankan yang saat ini cukup pesat pertumbuhannya adalah kartu kredit. Pertumbuhan kartu kredit di Indonesia mencapai 33% per tahun dan jumlah kartu kredit yang beredar pada tahun 1997 mencapai 1,8 juta kartu. Sejalan dengan pertumbuhan kartu kredit yang tinggi tersebut muncul persaingan yang ketat antara bank penerbit kartu, terlihat dan adanya promosi adu murah dalam iuran tahunan, adu mudah dalam mengajukan permohonan, adu hadiah untuk meningkatkan keinginan berbelanja, serta adu bajak nasabah. Yang menjadi permasalahan, apakah persaingan dalam bentuk tawaran kepada konsumen tersebut telah sejalan dengan apa yang ada di benak konsumen dan apa yang diharapkan konsumen. Dengan demikian, penelitian mengenai atribut apa saja yang dipentingkan konsumen serta berapa besar angka ideal atribut tersebut dinilai cukup relevan untuk dilaksanakan Penelitian ini merupakan hasil survei terhadap nasabah Bank X di Jakarta Sejumlah 180 nasabah yang secara kebetulan sedang berurusan dengan Kantor Pusat dan Kantor Cabang di Jakarta pada kurun waktu antara tanggal 1 September 1997 sampai dengan 15 Oktober 1997 ditetapkan sebagai responden dengan teknik pengambilan contoh tanpa peluang (non- probability sampling) Data yang terkumpul diolah dalam bentuk indeks dan tabulasi dan dilakukan uji independen dua variabel Chi Square. Faktor perilaku, yang terdiri atas perilaku kepemilikan kartu dan perilaku pemilik kartu kredit, nyata berhubungan dengan variabel demografis. Variabel demografis tingkat pendapatan per keluarga per bulan, yang juga merupakan faktor sumberdaya ekonomi konsumen, terbukti memiliki hubungan nyata dengan faktor perilaku kepemilikan kartu kredit dan perilaku pemilik kartu Kredit Kelompok dengan pendapatan per keluarga per bulan di bawah Rp 2 juta dominan tidak memiliki kartu kredit, dan apabila memiliki kartu kredit, kelompok ini menggunakan kartu kredit 1-2 kali sebulan, nilai transaksi kurang dan Rp 300 ribu, cara pembayaran kewajiban diangsur, dan lama kepemilikan kartu kredit kurang dari 5 tahun. Kelompok tersebut, termasuk kedalam kelompok yang berpendapatan per keluarga per bulan kurang dari Rp 5 juta, dominan memiliki kartu jenis standar. Adapun karakteristik dominan pemilik kartu kredit dapat diuraikan sebagai berikut jenis kelamin pria, status perkawinan nikah, usia 30-39 tahun, pendidikan sarjana, jabatan manajer tingkat menengah/atas, masa kerja 6-10 tahun, sektor/bidang usaha perbankan, dan pendapatan per keluarga per bulan Rp 2 juta sampai kurang dari Rp 3 juta. Adapun perilaku dominan pemilik kartu kredit adalah sebagai berikut lama kepemilikan kartu kredit kurang dari 5 tahun, jenis kartu standar Visa, bank penerbit Citibank, frekuensi penggunaan kartu kredit per bulan 3 kali, nilai transaksi per bulan Rp 100 ribu sampai kurang dari Rp 300 ribu, pembayaran kewajiban langsung dilunasi, pengalaman didenda tidak pernah, mengetahui bagaimana cara bank menghitung bunga, serta penggunaan kartu adalah untuk berbelanja keperluan pribadi (pakaian/sepatu/kosmetik) dan keperluan sehari-hari. Faktor sikap dalam bentuk persepsi terhadap kartu kredit sebagai "sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan ketika bepergian nyata berhubungan dengan perilaku kepemilikan kartu. Pemilik kartu setuju terhadap pandangan tersebut, serdangkan bukan pemilik kartu tidak setuju atas pandangan tersebut. Tanpa tersegmentasi oleh variabel demografis, responden setuju atas pandangan kartu kredit sebagai "praktis dan mudah", "demi keamanan uang tunai Anda, serta "hanya sebagai alat pembayaran saja"...dst.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titlePreferensi Konsumen Terhadap Kartu Kreditid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordManajemen Pemasaranid
dc.subject.keywordPreferensi Konsumenid
dc.subject.keywordKartu Kreditid
dc.subject.keywordProduct Intimacyid
dc.subject.keywordRiset Perilaku Konsumenid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record