Show simple item record

dc.contributor.advisorSudjak, Abi
dc.contributor.advisorSaptono, Imam Teguh
dc.contributor.authorSudirman
dc.date.accessioned2024-05-22T12:04:09Z
dc.date.available2024-05-22T12:04:09Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151072
dc.description.abstractStruktur Organisasi Dinas Kependudukan DKI Jakarta berdasarkan Perda DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 1979 dipandang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, karena dikaji dari tugas pokok dan fungsinya ada beberapa Sub Dinas/bagian serta seksi terjadi tumpang tindih dan kerancuan dalam pelaksanaan tugas dilapangan sehingga dapat menurunkan kenerja organisasi. Melalui pengembangan/perubahan organisasi diharapkan seluruh Sub Dinas/bagian dan seksi tidak terjadi lagi tumpang tindih pekerjaan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja organisasi. Kualitas pelayanan sampai saat ini dianggap masih belum memuaskan, terbukti masih relatif tingginya sejumlah keluhan masyarakat. Hai ini antara lain disebabkan karena situasi organisasi dan kualitas Sumber Daya Manusia masih kurang memadai dan belum seluruh karyawan Dinas Kependudukan memahami visi, misi, tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan. Selain itu sistem pengambilan keputusan dan budaya organisasi yang ada di Dinas Kependudukan belum sepenuhnya mampu membantu dalam meningkatkan kinerja organisasi. Tujuan penelitian ini adalah selain ingin mengetahui seberapa tingginya kualitas pelayanan masyarakat bidang kependudukan, situasi organisasi, pengambilan keputusan dan sumber daya manusia serta budaya organisasi, juga ingin mengetahui hubungan antara situasi organisasi, pengambilan keputusan, sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan yang ada saat ini. Di samping itu juga mencari solusi untuk penyempurnaan struktur organisasi Dinas Kependudukan sesuai PP Nomor 31 Tahun 1998. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif dan metode asosiatif melalui pendekatan berupa kaji manajemen, sedangkan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara acak berstrata terhadap 50 responden masing-masing terdiri dari unsur pimpinan Dinas Kependudukan, Suku Dinas Kotamadya dan Seksi Kependudukan Kecamatan, sedangkan 50 responden lagi adalah masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan kependudukan di Suku Dinas Kependudukan Kotamadya Jakarta Utara dan Kelurahan se Kecamatan Taman Sari serta Kecamatan Tebet. Teknik pengolahan data menggunakan teknik rating scale/skala peringkat untuk mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap situasi organisasi, pengambilan keputusan, sumber daya manusia dan budaya organisasi serta kualitas pelayanan, dan Rank Spearman's ingin mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan situasi organisasi, pengambilan keputusan, sumber daya manusia dan budaya organisasi. dst....id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titleKajian Organisasi Dinas Kependudukan Dki Jakarta Nomor 6 Tahun 1979 Dalam Rangka Mengembangkan Organisasiid
dc.typeThesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record