Show simple item record

dc.contributor.advisorDharma, Agus
dc.contributor.advisorGumbira, Said, E
dc.contributor.authorSalim
dc.date.accessioned2024-05-22T09:59:36Z
dc.date.available2024-05-22T09:59:36Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151043
dc.description.abstractPeran Kepala Sekolah Dasar dalam mengemban tugas administrasi dan kepemimpinan belum berjalan secara optimal. Hal ini dapat dimengerti mengingat belum dikuasainya tugas utama Kepala Sekolah Dasar Negeri yang efektif, serta kurang didukung dengan kemampuan yang memadai untuk melaksanakan tugas utamanya. Berdasarkan data yang ada di seksi Pendidikan dan Pengajaran DKI Jakarta Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, Kepala Sekolah Dasar Negeri yang berpendidikan SLTA 50% dan yang berpendidikan D-II 25%. Tingkat pendidikan Kepala Sekolah Dasar yang rendah sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah penelitiannya adalah (1) bagaimana tugas utama Kepala Sekolah Dasar Negeri yang seharusnya sehingga dapat mengelola Sekolah Dasar dengan efektif, (2) Jenis kemampuan Kepala Sekolah yang bagaimana sehingga dapat mendukung tugas utamanya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisa tugas utama Kepala Sekolah Dasar Negeri yang efektif, (2) Menentukan persepsi Kepala Sekolah, guru senior dan ketua BP3 terhadap tugas utama Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, (3) Menganalisa kemampuan yang dapat mendukung tugas utama Kepala Sekolah Dasar. Masalah yang dikaji dibatasi pada persepsi Kepala Sekolah, Guru senior dan ketua BP3 terhadap tugas utama Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif dengan studi kasus dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden Kepala Sekolah 59 orang, Guru Senior 59 orang dan ketua BP3 59 orang. Penelitian dilaksanakan bulan Pebruari dan Maret 1999 di Seksi Pendidikan dan Pengajaran DKI Jakarta Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Tugas utama Kepala Sekolah Dasar Negeri yang efektif dirumuskan oleh para pakar pendidikan melalui kelompok diskusi (focus group discussion) yang selanjutnya digunakan sebagai item pernyataan dalam kuesioner penelitian. Uraian tugas utama Kepala Sekolah Dasar adalah (1) Memelihara semua jenis dokumen sekolah, (2) Menyiapkan laporan ke kantor Depdikbud, (3) Menyusun dan mengendalikan penggunaan dana, (4) Melaksanakan administrasi Kepegawaian, (5) Membina disiplin murid, (6) Penjadwalan Kegiatan Pendidikan dan Pelaksanaannya, (7) Pengaturan Ruang Gedung Sekolah, (8) Administrasi perlengkapan dan Peralatan sekolah, (9) Melaksanakan Administrasi Murid, (10) Pemantauan pelaksanaan proses belajar mengajar, (11) Berkomunikasi dengan murid, staf dan masyarakat sekolah sebagai wakil pemerintahan, (12) Mengelola kegiatan murid, (13) Bekerjasama dengan staf dan murid dalam upaya mencapai tujuan sekolah, (14) Membantu menciptakan suasana sekolah yang kondusif, yang memiliki misi akademis yang kuat, dan harapan tinggi kepada semua murid, (15) dst...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titlePersepsi Kepala Sekolah, Guru dan Ketua Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan Terhadap Tugas Pertama Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timurid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordPendidikanid
dc.subject.keywordKepala Sekolahid
dc.subject.keywordSDNid
dc.subject.keywordSekolah Dasar Negeriid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record