Pengembangan Strategi Bisnis Cv Rattan Indah Dalam Memanfaatkan Peluang Pasar Di Republika Federasi Jerman
View/ Open
Date
1999Author
Vibian, Yunhri Trima
Djohar, Setiadi
Harjanto, Nazir
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengembangan Industri nasional bermuara pada industri yang berbasis pertanian dan menyentuh kepada pemberdayaan ekonomi rakyat. Pengembangan industri pengolahan rotan merupakan salah satu komoditi yang saat krisis ini masih tetap mempunyai prospek yang cerah dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah dalam penerimaan pendapatan nasional. CV Rattan Indah merupakan salah satu perusahaan industri rotan di daerah Cirebon dan menjadi salah satu perusahaan yang tetap bertahan dalam kancah persaingan industri rotan baik secara regional maupun nasional. Target pasar yang dimiliki perusahaan lebih kepada pasar luar negeri dengan rata-rata pengiriman ekspor sebanyak 45 kontainer per bulan dengan kapasitas sebanyak 8 ton per kontainer.
Dengan kondisi perusahaan yang ada saat ini, maka dapat dirumuskan permasalahan yang dihadapi oleh CV. Rattan Indah dalam rangka mengembangkan bisnis komoditas rotan dalam pemanfaatan peluang pasar di Republik Federasi Jerman, yaitu (1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menghadapi persaingan melalui peningkatan kinerja perusahaan di masa mendatang, (2) Bagaimana strategi pengembangan bisnis dalam meningkatkan pemasaran dalam dan luar negeri, (3) Bagaimana peranan teknologi, sumber daya manusia, dan manajemen yang digunakan dalam pengembangan strategi, (4) Bagaimana situasi pasar industri rotan dalam negeri dan luar negeri, (5) Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi strategi perusahaan selama ini, dan (6) Seberapa besar manfaatnya dalam pengembangan industri rotan secara nasional.
Berdasarkan rumusan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengembangan bisnis perusahaan dalam menghadapi persaingan di masa mendatang, menganalisa dan memperluas segmentasi dan potensi pasar terhadap industri rotan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah (1) Memberikan masukan dan evaluasi kepada perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar melalui pemanfaatan peluang dan informasi pasar dalam melakukan persaingan di pasar internasional khususnya di negara Republik Federasi Jerman, dan (2) Sebagai sarana pengembangkan wawasan bagi penulis dan aplikasinya dalam penerapan teori dan lingkup tugas, khususnya manajemen strategi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dimana dilakukan pengumpulan data untuk menjawab permasalahan yang ada dan dilakukan dalam bentuk studi kasus, sehingga kesimpulan yang diambil akan tetap terkait dengan perusahaan. Data diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi literatur. Tahap-tahap yang diterapkan dalam analisis dan
pengolahan data meliputi, (1) Menganalisis visi/misi, dan tujuan perusahaan, (2) Analisis lingkungan internal perusahaan dengan menggunakan analisis Rantai dst....
Collections
- MT - Business [1040]