Evaluasi Rencana Pemasaran Minyak Goreng Sawit Pt Naa
View/ Open
Date
1994Author
Harris, Abdul
Wagiono, Yayah K.
Suryana, Achmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Dari hasil analisis maka sasaran pemasaran yang dipi- lih adalah pengembangan produk dan diversifikasi yaitu pro- duk yang dipasarkan adalah produk baru (merk A) pada pasar yang ada dan pasar baru dengan segmen pasarnya konsumen go- longan menengah ke bawah, pelanggan ukuran sedang dan wila- yah geografi tertentu yang dipilih secara selektif. Reko- mendasi strategi pemasaran adalah pemusatan biaya yaitu strategi dengan target pasar yang sempit dan biaya yang rendah dengan bauran pemasarannya yaitu strategi produk jangka pendek memproduksi minyak goreng sawit kualitas sedang dengan modifikasi produk sesuai rencana dan nama merk yang singkat, unik, mudah dibaca dan gampang diingat; mencantumkan label yang memberikan informasi yang dibutuh- kan konsumen; membuat bentuk kemasan yang berbeda menurut jenis pembelian; jangka panjang melakukan strategi dife- rensiasi produk, mengembangkan market intelijen pasar ter- hadap produk pesaing, menambah lini produk untuk sabun dan mentega. Strategi harga jangka pendek adalah mempertahankan tingkat harga yang rendah, memberikan insentif kepada pe- langgan; jangka panjang mengembangkan market intelijen pasar terhadap harga pesaing, menetapkan harga berdasarkan kualitas produk atau diferensiasi produk. Strategi distri- busi jangka pendek mempertahankan saluran distribusi pen- dek, menjaga ketepatan pengiriman baik jumlah, ukuran, mutu dan waktu; jangka panjang membangun jaringan distribusi yang kuat pada pasar yang dimasuki; memperluas dan mengem- bangkan jaringan distribusi pada daerah baru. Strategi pro- mosi jangka pendek menjaga dan mempublikasikan position- ing produk; membangun kesadaran merk dengan promosi inten- sif; jangka panjang meningkatkan peran pelanggan menjadi sarana promosi yang potensial, mempublikasikan peningkatan positioning produk dengan intensif.
Collections
- MT - Business [1040]