Kajian Komponen Teknologi Produk Pisang Pada Pt Horti Nusantara Mojokerto Jawa Timur
View/ Open
Date
1997Author
Rahardjo, Bambang
Gumbira-Said, E
Harjanto, Nazir
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembangunan sub sektor pertanian, khususnya yang bertumpu pada produk hortikultura mempunyai arti yang cukup strategis dalam pembangunan nasional, terutama untuk menghadapi era perdagangan bebas yang akan diterapkan untuk kawasan ASEAN pada tahun 2003. Langkah-langkah untuk mengantisipasi diberlakukannya pasar global tersebut dilakukan melalui program dan kebijakan dalam rangka peningkatan mutu dan diversifikasi produk, sehingga mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif. Salah satu komoditi potensial yang termasuk produk hortikultura tersebut adalah pisang.
Data dari Direktorat Jendral Tanaman Pangan dan Hortikultura (1996) menunjukkan penurunan luas lahan tanaman pisang, walaupun produksinya justru meningkat karena terdapat upaya budi daya pisang dengan skala usaha menengah keatas dengan produktifitas yang tinggi. Hal yang mendasari peningkatan tersebut adalah pasar yang menjanjikan, baik di dalam dan di luar negeri.
PT. Horti Nusantara memanfaatkan fasilitas yang diberikan Pemerintah bagi perusahaan-perusahaan swasta guna merangsang investasi di bidang pertanian, khususnya tanaman pangan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pertanian Tanaman Pangan No. SK: I.HK.050.85.5, dengan Pola Perusahaan Inti Rakyat pangan, yaitu kemudahan dalam memperoleh lahan tidak produktif dalam bentuk Hak Guna Usaha sebagai kebun inti, sekaligus sebagai kebun percontohan dan penyangga perusahaan inti.
Dalam menjalankan kegiatannya, perusahaan melakukan 4 (empat) sub sistem agribisnis sehingga kendala koordinasi diharapkan dapat diantisipasi. Komoditi bisnis utama adalah pisang cavendish dan aneka tanaman yang terdiri dari kentang, salak, anggur, nenas, bunga, tanaman hias, jeruk, mangga, jambu, sirsat, durian, manggis dan srikaya yang untuk pembahasan berikutnya disebut sebagai aneka tanaman, serta industri hilir berupa pasta pisang. Direncanakan adanya perluasan usaha pada pasta buah-buahan lain. Pisang baru dipasarkan ke pasar lokal, sedangkan pasta pisang ke pasar luar negeri…dst
Collections
- MT - Business [1570]