Penggunaan media massa oleh nelayan pancing di Kelurahan Pelabuhan Ratu, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
View/ Open
Date
2003Author
Welastiasih, Usti Nurul Hikmah
Kusumastuti, Yatri Indah
Amanah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini menjelaskan bagaimana nelayan sebagai individu menggunakan dan memenuhi kebutuhan informasinya terhadap media massa. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan uses and gratifications, yaitu pendekatan suatu model yang menggambarkan mengenai apa yang dilakukan orang terhadap media massa, bukan berbicara apa yang dilakukan media terhadap orang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media massa manakah yang paling banyak digunakan oleh nelayan di Kelurahan Pelabuhan Ratu, mengetahui tingkat penggunaan media massanya, bagaimana karakteristik sosial ekonominya hubungan antara karakteristik sosial ekonomi dengan penggunaan media massanya mengetahui motivasi serta alasan nelayan menggunakan media massa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang paling banyak digunakan oleh nelayan pancing di Kelurahan Pelabuhan Ratu adalah media televisi. Tingkat penggunaan media televisi dipengaruhi oleh karakteristik umur, pengalaman dan jumlah anggota keluarga, sedangkan tingkat penggunaan media radio dipengaruhi oleh karakteristik umur, pendidikan, pengalaman dan jumlah anggota keluarga. Untuk tingkat penggunaan media koran dipengaruhi oleh karakteristik umur, pendidikan dan pengalaman. Motivasi nelayan menggunakan media televisi dan radio adalah sama, yaitu untuk mencari hiburan, sedangkan motivasi nelayan menggunakan media koran adalah mengisi waktu luang dan mencari hiburan. Alasan nelayan responden menonton televisi adalah bergambar, sedangkan alasan nelayan responden mendengarkan radio adalah isinya yang sesuai selera, dan alasan nelayan membaca koran adalah dari cara penyajiannya.
Penggunaan media televisi, radio dan koran sebagai sumber informasi masih belum optimal, karena ragam informasi yang disajikan masih kurang. Sesuai dengan kebutuhan nelayan untuk memperoleh informasi perikanan dan kelautan dari media massa, hendaknya media massa menyajikan informasi atau berita mengenai perikanan dan kelautan.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]