Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhayati, Popong
dc.contributor.advisorOktariza, Wawan
dc.contributor.authorHamdan, Ulfa Khaerawati
dc.date.accessioned2024-05-21T02:27:58Z
dc.date.available2024-05-21T02:27:58Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150781
dc.description.abstractPT Tirta Raya Mina (PT TRM) merupakan Badan Usaha milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perikanan dengan bentuk usaha Persero. Adapun salah satu kegiatan usaha PT TRM adalah ekspor filler Kakap Merah beku. Dalam menjalankan usahanya, PT TRM menghadapi persaingan pasar, sehingga perusahaan harus merumuskan suatu strategi bersaing yang dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usahanya. Dari kondisi tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor eksternal dan intermal perusahaan, menganalisis lima faktor kekuatan persaingan perusahaan, dan merumuskan alternatif strategi bersaing bagi perusahaan. Analisis data dilakukan dengan teknik pengambilan keputusan Proses Hirarki Analitik (PHA) dengan penilaian komparasi berpasangan. Dari hasil analisis pada struktur hirarki utama diperoleh faktor internal yang menjadi prioritas utama adalah faktor sumberdaya perusahaan yang mengandung kekuatan dan kelemahan yang sangat berpengaruh pada kelanjutan aktifitas perusahaan dan faktor eksternal yang menjadi prioritas utama adalah faktor pasar karena pasar akan sangat mempengaruhi strategi bersaing perusahaan. Lima faktor kekuatan persaingan ditunjukkan pada struktur hirarki kedua, dan yang merupakan prioritas utama adalah kriteria pasar karena posisi persaingan secara umum ditentukan oleh pangsa pasar yang dikuasai perusahaan. Pada struktur hirarki ketiga diperoleh tiga alternatif strategi bersaing yang utama yaitu strategi horisontal, pada strategi ini diharapkan PT TRM dapat menghasilkan produk perikanan beku lainnya selain fillet Kakap Merah beku dan Tuna. Strategi integrasi merupakan strategi yang kedua yaitu ditekankan pada integrasi balik, dan strategi fokus dalam industri merupakan strategi yang ketiga, dalam hal ini PT TRM mencari pembeli lain di negara Amerika Serikat, sehingga tidak tergantung pada satu pembeli saja.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural Economicsid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.titleAnalisa strategi bersaing produk fillet kakap merah beku PT. Tirta Raya Mina Cabang Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordFisheriesid
dc.subject.keywordBusiness Strategyid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record