Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan Manajer Menengah Pertama Di Pt. Perkebunan Viii(Persero)
View/ Open
Date
1995Author
Farida, Aida
Mangkuprawira, Sjafri
Moelyadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Program Pendidikan dan Pelatihan disuatu perusahaan merupakan kegiatan yang penting, yang menuntut perhatian yang sama dengan kegiatan fungsi manajemen lainnya. Fungsi pendidikan dan pelatihan adalah untuk mengantisipasi masalah kurangnya kemempuan kerja yang bersumber atau karena kurang- nya pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan. Dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan seseorang diharap- kan akan dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan standar yng diterapkan.
PT Perkebunan VII sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang perkebunan, selama ini belum secara maksimal menerapkan sistem manajemen sumberdaya manusia, dalam hal analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi Manajer Menengah Pertama, sehingga sering menimbulkan kesenjangan antara kecakapan atau kemampuan karyawan dengan permintaan jabatan. Sementara itu pendidikan dan pelatihan yang di- terapkan oleh perusahaan masih sebagian besar berupa magang, sedangkan pemanfaatan pelatihan yang ada di luar perusahaan masih relatif sedikit. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah yang ada di PT Perkebunan VII adalah pendidikan dan pelatihan yang ada, belum berdasarkan Anali- sis Kebutuhan Pelatihan (AKP), sehingga pelatihan yang ada selama ini tidak sesuai dengan kebutuhannya.
Tujuan dari geladikarya ini adalah untuk menganalisis manfaat pelatihan yang dilakukan selama ini, dilihat dari aspek pengetahuan, kualitas, kuantitas dan sikap; dan mengkaji model Analisis Kebutuhan Pelatihan dengan mengguna- kan T-NAT pada Manajer Menengah Pertama. Membuat suatu model analisis kebutuhan pelatihan dengan menggunakan T-NAT pada manajer menengah pertama di PT Perkebunan VII. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Metode pengolahan data dilakukan dengan pengelompokkan data, sortasi data dan tabulasi data. Kemud- ian dilanjutkan dengan cara kuantitatif dan kualitatif (deskriptif) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan serta menganalisis alternatif pemecahan masalah…dst
Collections
- MT - Business [1572]