Analisis strategi pengembangan produk pada PT Medan Tropical Canning and Frozen Industries
View/ Open
Date
2002Author
Ildawaty, Linda
Diatin, Iis
Sardono, Sunatmo
Metadata
Show full item recordAbstract
Strategi pengembangan produk merupakan salah satu dari alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Proses pengambilan keputusan diperlukan untuk mengetahui strategi yang terbaik bagi perusahaan. Hal ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan secara Proses Hirarki Analitik. Berdasarkan kerangka kerja PHA, disusun struktur hirarki permasalahan dan dilakukan pengisian kuesioner untuk mengetahui pembobotan setiap elemen pada seluruh tingkat struktur hirarki tersebut. Data yang diperoleh dari responden diolah dengan menggunakan Excel 2000.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan ekternal yang berpengaruh dalam penentuan pengembangan produk, strategi pengembangan produk yang dilakukan dan rekomendasi strategi terbaik terhadap perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ekspor menjadi produk potensial bagi PT. MTCFI untuk dilakukan berbagai pengembangan produk dengan bobot 0,9. Kepiting menjadi komoditi potensial dari produk ekspor PT. MTCFI dengan bobot 0,56. Sedangkan strategi pengembangan produk ekspor yang terbaik bagi PT. MTCFI adalah strategi penekanan biaya dengan bobot nilai secara PHA sebesar 0,7, yang dilakukan perusahaan dengan cara peningkatan produktivitas karyawan, mengingat kondisi PT. MTCFI dengan sistem padat karya dan bukan padat modal. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan usaha- usaha penekanan biaya lainnya bagi perusahaan untuk tujuan efisiensi biaya.
Collections
- UT - Agribusiness [4547]