Show simple item record

dc.contributor.advisorWiryokusumoh, W. Hardjanto
dc.contributor.authorUlfah, Maryam
dc.date.accessioned2024-05-15T01:25:24Z
dc.date.available2024-05-15T01:25:24Z
dc.date.issued1996
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149722
dc.description.abstractTujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan PT Hero Supermarket juga mengetahui ling- kungan luar perusahaan yang berkaitan dengan faktor-faktor yang dapat menjadi peluang dan ancaman terhadap kegiatan perusahaan dalam menghadapi persaingan didalam industri yang semakin ketat. Melalui penelitian ini diharapkan adanya masukkan bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penetapan strategi manajemen perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan studi kasus pada perusahaan PT Hero Supermarket yang merupakan perusahaan ritel dalam bentuk pasar swalayan yang pertama kali berdiri di Indonesia dan masih menempati posisi Market Leader. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode analisis mengguna- kan konsep manajemen strategi. Identifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pengembangan perusahaan dilakukan melalui analisa lingkungan perusa- haan, sedangkan penetapan strategi perusahaan dilakukan dengan mengacu pada analisa SWOT perusahaan. Analisis lingkungan perusahaan dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, terdiri dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang menjadi kekuatan perusahaan berasal dari jumlah outlet yang dimiliki, dukungan dari grup perusahaan, struktur, citra perusahaan dan sumberdaya perusahaan. Kelemahan berasal dari pengaruh manajemen pusat, dan strategi harga, sedangkan sumber peluang berasal dari faktor ekonomi, sosial budaya, politik, teknologi, ekologi dan pembeli. Adapun ancaman berasal dari pemasok, pesaing, dan industri…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis strategi manajemen PT. Hero Supermarket dalam menghadapi pessaing dan perkembangan bisnis ritel : Studi kasus di PT. Hero Supermarket Kantor Pusat Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record