Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Generasi Muda terhadap Wakaf Uang di Kabupaten Bogor
Date
2024Author
Hutama, Muhammad Elanda Sri
Hasanah, Neneng
Muthohharoh, Marhamah
Metadata
Show full item recordAbstract
Wakaf uang adalah wakaf berupa uang dalam bentuk rupiah yang dikelola
secara produktif dan hasilnya dimanfaatkan untuk mauquf alaih. Namun, di
Indonesia masih terdapat kesenjangan antara potensi wakaf uang dengan
penghimpunan wakaf uang. Tujuan penelitian ini, yaitu mengidentifikasi
karakteristik generasi muda di Kabupaten Bogor berdasarkan demografi dan sosial-
ekonomi dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi minat generasi
muda terhadap wakaf uang di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan analisis egresi logistik. Berdasarkan demografi, responden
yang dominan berjenis kelamin perempuan dan berusia pada rentang usia 21 hingga
30 tahun. Sementara berdasarkan sosial-ekonomi, responden dominan
berpendidikan sarjana dan memiliki pendapatan pada rentang Rp1.000.000,00
sampai dengan Rp5.000.000,00. Berdasarkan metode analisis yang digunakan
adalah analisis kuantitatif regresi logistik dan analisis deskriptif (skala Likert).
Sedangkan keputusan minat berwakaf uang generasi muda dipengaruhi oleh
variabel religiusitas, minat, akses media informasi dan pengetahuan. Cash waqf is a waqf in the form of money in the form of rupiah which is
managed productively and the results are used for mauquf alaih. However, in
Indonesia there is still a gap between the potential for cash waqf and the collection
of cash waqf. The aim of this research is to identify the characteristics of the young
generation in Bogor Regency based on demographics and socio-economics and
analyze the factors that influence the young generation’s interest in cash waqf in
Bogor Regency. The method used is descriptive analysis method and logistic
regression analysis. Based on demographics, the dominant respondents were female
and aged between 21 and 30 years. Meanwhile, based on socio-economics, the
dominant respondents had bachelor’s degrees and had incomes in the range of IDR
1,000,000.00 to IDR 5,000,000.00. Based on the analytical method used is
quantitative logistic regression analysis and descriptive analysis (Likert scale).
Meanwhile, the younger generation’s decision to be interested in donating money
is influenced by the variables of religiosity, interest, access to information media
and knowledge.
Collections
- UT - Syariah Economic [472]