Analisis pemasaran ikan pindang dan ikan asin muncar (Studi kasus : Pelabuhan Muncar, kecamatan Muncar, kabupaten Banyuwangi, propinsi Jawa Timur)
Abstract
Dalam Repelita VI dijelaskan bahwa pembangunan kelautan pada hakekatnya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah kedaulatan yurisdiksi nasional untuk didayagunakan dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan dan keamanan bangsa Indonesia. Dengan demikian pembangunan perikanan diarahkan pada peningkatan kontribusi sub sektor perikanan dalam upaya menunjang peran serta laju pertumbuhan sektor pertanian dalam pembangunan nasional. Ikan segar yang telah ditangkap lebih cepat mengalami proses kemunduran mutu, ha1 ini dapat dicegah dengan melakukan pengolahan terhadap ikan yaitu melalui proses penggaraman. Cara pengawetan ikan yang telah dikenal di Indonesia dan telah dilakukan oleh pengolah ikan di Muncar meliputi pemindangan, pengasinan, pengalengan ikan, pembuatan petis ikan dan terasi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran produk ikan pindang dan ikan asin dari Muncar.

