Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumtif Muslimah Generasi Z terhadap Modest Fashion
Abstract
Modest fashion merupakan salah satu sektor industri halal yang terus
berkembang pesat, khususnya di Indonesia karena memiliki penduduk mayoritas
muslim. Tren modest fashion yang cepat berganti saat ini mendorong perempuan
muslim semakin konsumtif dalam mengonsumsi pakaian model terbaru, salah
satunya muslimah Generasi Z karena cenderung memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap mengikuti tren yang dilihat melalui media sosial. Konsumtif
atau berlebihan (israf) merupakan perilaku yang dilarang dalam Islam. Penelitian
ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif
muslimah Generasi Z terhadap modest fashion. Metode analisis yang digunakan
adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Sampel
yang diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap perilaku
konsumtif muslimah Generasi Z terhadap modest fashion.
Collections
- UT - Syariah Economic [472]