Hubungan Beberapa Larakteristik Pembaca "Poultry Indonesia" Di Kabupaten Dan Kotamadya Bogor Dan Frekuensi Mereka Membaca Majalah Tersebut
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten dan Kotamadya Bogor dengan tujuan untuk (1) menentukan karakteristik demografik dan karakteristik psikografik pembaca majalah "Poultry Indonesia," (2) menentukan artikel-artikel yang dibaca oleh pembaca majalah "Poultry Indonesia," (3) menentukan motivasi mereka membaca majalah "Poultry Indonesia," (4) menentukan hubungan motivasi membaca pembaca dan frekuensi mereka membaca artikel-artikel "Poultry Indonesia," dan (5) menentukan hubungan beberapa karakteristik pembaca dan frekuensi mereka membaca artikel-artikel majalah "Poultry Indonesia."
35 responden pembaca majalah "Poultry Indonesia" yang dilibatkan dalam penelitian ini dipilih secara acak berlapis proporsional dari daftar populasi pembaca tetap majalah tersebut.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah suatu survai deskriptif korelasional dengan variabel bebas motivasi membaca "Poultry Indonesia" dan beberapa karakteristik pembaca majalah tersebut dan variabel tak bebas frekuensi membaca artikel-artikel majalah "Poultry Indonesia."
Data karakteristik pembaca yang diukur ialah: (1) jenis kelamin, (2) umur, (3) tingkat pendidikan terakhir, (4) pekerjaan pokok, (5) lokasi tempat tinggal, (6) jarak tempat tinggal ke kota, (7) skala pemilikan ayam ras, (8) frekuensi mengunjungi tempat rekreasi, (9) frekuensi menonton film, (10) frekuensi berbelanja kebutuhan sandang, (11) frekuensi mengunjungi rumah makan, (12) frekuensi bepergian ke luar kota, (13) kebiasaan berbicara dalam suatu forum, (14) keterbukaan terhadap inovasi peternakan, dan (15) keikutsertaan dalam suatu organisasi. Data lain yang dikumpulkan ialah artikel-artikel majalah "Poultry Indonesia" yang dibaca, intensitas membaca artikel tersebut dan derajat kesukaan terhadap artikel-artikel tertentu. Data tentang motivasi diidentifikasi oleh indikator motivasi yaitu: (1) menambah pengetahuan, (2) menambah ketrampilan beternak, (3) mencari berita, (4) mencari informasi pasar, (5) mengetahui inovasi peternakan, (6) mengisi waktu senggang, (7) kebiasaan atau hobi, dan (8) mencari bahan pembicaraan. ...
Collections
- UT - Agribusiness [4532]