Analisis biaya dan margin pemasaran ikan cakalang beku yang didaratkan di Pelabuhan Tegal oleh PT. Tirta Raya Mina ( Persero ) - Pekalongan
View/ Open
Date
1988Author
Hasyim, Wahid
Yasin, Hasril H.
Santika, Omaj
Umbari, Abubakar
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelaksanaan distribusi ikan cakalang beku oleh PT. Tirta Raya Mina (Persero) Pekalongan dari Luar Pulau Jawa ke beberapa daerah penjualan di Pulau Jawa merupakan upaya pemenuhan kebutuhan protein ikan, disamping usaha perdagangan untuk memperoleh laba bagi perusahaan.
Tingginya volume penjualan pada tingkat perusahaan tidak dapat dipertahankan apabila margin dan harga jual hingga ke tingkat konsumen tetap tinggi. Untuk kelancaran distribusi tersebut, maka sistem pembiayaan dan penjualan yang efisien merupakan syarat yang mutlak harus dilakukan oleh perusahaan. Pada tingkat perusahaan, perhitungan harga pokok merupakan salah satu upaya dalam penentuan harga jual, disamping berdasarkan permintaan di daerah penjualan. Demikian pula adanya sifat produk yang kurang menguntungkan, maka menghendaki penanganan secara khusus yang dapat menimbulkan tingginya biaya pada tiap tahap pemasaran. Hal ini dapat juga dihubungkan dengan besarnya margin pemasaran, disamping keuntungan lembaga pemasarannya.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]