Pengembangan Model Bisnis Keberlanjutan Salam Rancage Bogor Melalui Triple Layered Business Model Canvas (TLBMC)
Date
2024-02-27Author
Fadila, Rinda Amalia
Asnawi, Yudha Heryawan
Taryana, Asep
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsep bisnis keberlanjutan menekankan pada tiga aspek yaitu ekonomi, lingkungan dan sosial. Pengembangan konsep ini telah diterapkan melalui model bisnis keberlanjutan yang telah diadopsi oleh berbagai organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis Salam Rancage Bogor sebagai social enterprise dengan fokus pada kondisi model bisnis saat ini, faktor internal dan eksternal serta merumuskan model bisnis baru. Penelitian ini dilakukan di Salam Rancage pada periode Desember 2022-Februari 2023.
Data primer dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam kepada manajemen Salam Rancage, pengrajin dan pelanggan. Data sekunder meliputi dokumen pendukung dan data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan memetakan 27 elemen Triple Layered Business Model Canvas, analisis VRIO, tinjauan masa depan industri dan analisis SWOT. Penelitian ini mengeksplorasi model bisnis berkelanjutan yang diterapkan dengan fokus pada aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial di komunitas.
Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan terletak pada kemampuan peningkatan permodalan, sistem organisasi, sumber daya manusia, reputasi dan kapabilitas baik secara internal maupun eksternal, sedangkan analisis eksternal berfokus pada kepedulian terhadap gaya hidup yang lebih sehat, peluang ekspor yang tinggi dan kerjama dengan berbagai pemangku kepentingan yang mendukung bisnis keberlanjutan. Penelitian ini menawarkan ide perencanaan model bisnis yang lebih fokus pada perbaikan peningkatan lapisan ekonomi dengan memulai evaluasi keuangan, mendefinisikan ulang konsumen, melakukan inovasi pada beberapa proyek percontohan dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. The sustainability business concept emphasizes 3 aspects of economic, environmental and social. The development of this concept has been implemented through sustainable business models that have been adopted by various organizations. This research aims to analyze the business model of the Salam Rancage Bogor as a social business by focus on the current condition of the business model, internal and external factors and formulating a new business model. This research was conducted at Salam Rancage in the period December 2022-February 2023. Primary data was collected using field observations and in-depth interviews with management Salam Rancage, artisans and a customer.
Secondary data includes supporting documents and data was analyzed using descriptive analysis techniques by mapping 27 elements of the Triple Layered Business Model Canvas, VRIO analysis, foresight industry and SWOT analysis. This research explores sustainable business models implemented with a focus on economic, environmental and social aspects in society.
Sustainable competitive advantage lies in the capacity to increase capital, organizational systems, human resources, reputation and capabilities both internally and externally. while external analysis focuses on concerns for healthier lifestyles, high export opportunities and various stakeholders who support sustainable business. This research offers business model planning ideas that focus more on improving the economic layer by starting financial evaluations, redefining consumers, innovating several pilot projects and collaborating with various stakeholders.
Collections
- MT - Business [1570]