Implementasi proses hirarki analitik (PHA) dalam penyusunan dan evaluasi strategi pemasaran : Kasus pada perusahaan jamu PT Jamu Jago, Semarang Jawa Tengah
View/ Open
Date
1996Author
Suwintoro, Sicilia Natalia
Krishnamurthi, Y, Bayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Semakin berkembangnya prinsip hidup 'back to nature', mendorong
masyarakat untuk memanfaatkan bahan-bahan alami atau obat-obatan tradisional,
termasuk jamu untuk perawatan kesehatan dan penyembuhan penyakit. Kenyataan
tersebut menunjukkan bahwa pasar jamu mempunyai potensi yang cukup besar untuk
berkembang. Selain itu, perhatian pemerintah terhadap pengembangan obat
tradisional di Indonesia dinilai cukup besar, antara lain dengan dicantumkannya secara
khusus masalah obat tradisional dalam UU dan Peraturan Kesehatan tertentu. Industri
jamu memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap keberhasilan pembangunan
nasional antara lain mempromosikan nama Indonesia, sumbangan ekspor non migas
terhadap devisa negara dan memberikan lapangan kerja bagi penduduk.
PT Jamu Jago merupakan perusahaan jamu tertua yang dapat berkembang hingga menjadi salah satu pemimpin pasar dalam industri jamu Indonesia. Berdasarkan kenyataan tersebut, beberapa hal yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan secara garis besar keragaan strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT Jamu Jago, (2) menentukan dan menganalisis model (struktur hirarki) dari penyusunan strategi pemasaran tersebut, (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dan menjadi unsur penyusunan strategi pemasaran tersebut dengan metode Analisis Faktor, (4) melihat serta mempelajari faktor-faktor yang dijadikan dasar untuk melakukan evaluasi strategi pemasaran tersebut.
Penelitian yang dilakukan adalah berupa praktek lapang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis Proses Hirarki Analitik (PHA). Keragaan strategi pemasaran yang dijalankan PT Jamu Jago dianalisis dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran sedangkan faktor- faktor penyusun dan evaluasi strategi pemasaran dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Faktor.