dc.description.abstract | Komponen penting dalam Fakultas Peternakan IPB adalah dosen dan mahasiswa. Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan IPB untuk dapat lulus melewati proses penyelesaian skripsi. Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan IPB dibimbing oleh dosen Pembimbing Skripsi. Untuk dapat menyelesaikan proses pembuatan skripsi dengan baik dan lancar, maka sebaiknya terjadi suatu proses komunikasi yang efektif antara mahasiswa dengan dosen. Namun kenyataannya ada beberapa masalah yang dihadapi dalam berkomunikasi dengan dosen Pembimbing Skripsi. Sehingga pada akhirnya hal ini menimbulkan hambatan-hambatan komunikasi antara keduanya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses komunikasi antara mahasiswa dan Pembimbing Skripsi, (2) mengkaji hambatan-hambatan komunikasi yang dihadapi mahasiswa dengan Pembimbing Skripsi, (3) menganalisis hubungan antara karakteristik individu dan proses komunikasi yang dihadapi mahasiswa dengan dosen dalam menyelesaikan skripsi, (4) menganalisis hubungan karakteristik individu dan hambatan komunikasi yang dihadapi mahasiswa dengan dosen dalam menyelesaikan skripsi dan (5) menganalisis hubungan proses komunikasi dan hambatan-hambatan komunikasi antara mahasiswa dengan dosen Pembimbing Skripsi. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa S1 Fakultas Peternakan IPB. Sampel diambil secara disproportionate cluster random sampling sebanyak 80 orang mahasiswa. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pengisian kuestioner yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2006 lalu diuji reliabilitas dan validitasnya. Data diolah dan dianalisis hubungan dengan khi-kuadrat dan rank Spearman. Proses komunikasi mahasiswa S1 Fapet IPB dengan dosen Pembimbing
Skripsi berjalan sangat baik. Umumnya mahasiswa S1 Fapet IPB masih merasakan
hambatan komunikasi dengan dosen Pembimbing Skripsi, baik berupa hambatan
komunikasi internal maupun eksternal. Tidak terdapat hubungan nyata antara karakteristik individu dengan proses komunikasi. Hanya terdapat hubungan nyata antara departemen dengan media komunikasi, Pembimbing Skripsi dengan media komunikasi serta IPK dengan materi komunikasi. Tidak terdapat hubungan nyata antara karakteristik individu dengan hambatan komunikasi. Hanya terdapat hubungan nyata antara umur dengan hambatan komunikasi internal, jenis kelamin dengan hambatan komunikasi eksternal dan SKS Kumulatif dengan hambatan komunikasi internal. Proses komunikasi antara mahasiswa S1 Fapet IPB dengan dosen Pembimbing Skripsi umumnya berhubungan nyata dengan hambatan komunikasi. | id |