Penggunaan merek pada kemasan sebagai media promosi terhadap citra produk kefir : kasus pada mahasiswa angkatan 2003 program S-1, Fakultas Peternakan IPB
View/ Open
Date
2006Author
Liyanti, April
Saleh, AMiruddin
Susanto, Djoko
Metadata
Show full item recordAbstract
Kefir merupakan salah satu jenis susu fermentasi yang mempunyai rasa asam dan mengandung alkohol. Kefir mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Akan tetapi manfaat dan keunggulan produk ini belum terlalu dikenal dan diketahui secara jelas oleh masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu desain komunikasi yang mampu memperkenalkan dan mengangkat citra produk ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasarkan produk kefir dengan cara dikemas dan menggunakan label merek. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kekuatan penggunaan merek pada kemasan dalam menarik minat mahasiswa untuk mencoba ataupun membeli produk kefir, (2) untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang citra produk kefir, (3) untuk mengukur hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan persepsi mahasiswa tentang citra produk kefir dan (4) untuk mengukur hubungan antara penggunaan merek pada kemasan dengan persepsi mahasiswa tentang citra produk kefir.
Penelitian berlangsung selama satu bulan yaitu dari tanggal 1-30 April 2006 di Fakultas Peternakan IPB. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Peternakan angkatan 2003. Sampel diambil secara proportionate cluster random sampling. Penelitian dirancang sebagai survei deskriptif korelasional. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, berupa: frekuensi, rataan, persentase dan tabulasi silang. Uji korelasional menggunakan uji Chi Square dan rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan merek pada kemasan kurang menarik minat mahasiswa untuk mencoba ataupun membeli produk kefir, (2) citra produk kefir dalam persepsi mahasiswa memiliki citra produk yang kurang baik, (3) terdapat hubungan nyata antara pendapatan dengan tingkat ketertarikan produk, jumlah alokasi belanja kefir/bulan dengan tingkat keyakinan akan manfaat dan mutu produk, (4) terdapat hubungan sangat nyata antara nama merek dan kata- kata merek dengan tingkat ketertarikan produk; terdapat hubungan nyata antara desain merek dengan tingkat ketertarikan akan produk.
Collections
- UT - Agribusiness [4401]