Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, dan Bauran Pemasaran terhadap Persepsi dalam Meningkatkan Pembelian Tanaman Hias Daun
Abstract
Tren tanaman hias yang berfluktuasi dan tidak dapat diprediksi tentu menjadi sinyal terkait respon pasar terhadap tanaman hias. Respon pasar ini perlu ditangkap cepat oleh para pelaku bisnis untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang terjadi serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pembelian tanaman hias. Hal ini bertujuan agar dapat menarik konsumen dalam melakukan pembelian dan tetap bertahan di industri tanaman hias yang tidak dapat diprediksi. Dalam membeli suatu produk, konsumen dipengaruhi oleh motivasi, gaya hidup, bauran pemasaran, dan persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pola perilaku konsumsi produk tanaman hias daun dan faktor-faktor yang memengaruhi pembelian mencakup motivasi, gaya hidup, dan bauran pemasaran melalui persepsi sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022 hingga Agustus 2023 menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli Monstera dan Philodendron masing-masing minimal satu kali dan minimal berusia 19 tahun. Jumlah sampel yang didapatkan adalah 214 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SEM PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen menyukai Monstera dan Philodendron berjenis variegata (belang putih atau kuning), memiliki jumlah 2-4 daun, memiliki tinggi 21cm – 50cm, dan berada pada rentang harga Rp 150.001 – Rp 500.000. Semakin unik dan semakin langka jenis Monstera dan Philodendron yang ditemui, maka konsumen akan semakin menyukainya. Kemudian, diketahui bahwa motivasi, gaya hidup, dan conversation berpengaruh positif terhadap persepsi. Sedangkan gaya hidup, co-creation, currency, dan communal activation tidak berpengaruh terhadap persepsi. Motivasi, co-creation, currency, communal activation, dan persepsi berpengaruh terhadap pembelian tanaman hias daun secara langsung. Kemudian motivasi berpengaruh signifikan terhadap pembelian tanaman hias daun secara tidak langsung, yaitu melalui persepsi sebagai variabel mediasi. Sedangkan gaya hidup dan conversation tidak memengaruhi pembelian tanaman hias daun baik secara langsung maupun tidak langsung.
Implikasi manajerial pada penelitian ini berupa strategi segmentation, targeting, dan positioning (STP) dan optimasi variabel-variabel yang berpengaruh terhadap pembelian tanaman hias daun yang terdiri dari motivasi, co-creation, currency, communal activation, dan persepsi. The fluctuating and unpredictable trend of ornamental plants is certainly a signal related to the market response to ornamental plants. This market response needs to be captured quickly by companies to find out how consumer behavior occurs and what factors affect the purchase of ornamental plants. This aims to attract consumers in making purchases and stay afloat in the unpredictable ornamental plant industry. In buying a product, consumers are influenced by motivation, lifestyle, marketing mix, and perception. This study is interesting to conduct because it aims to explain how the pattern of consumption behavior of leaf ornamental plant products and factors that influence purchases include motivation, lifestyle, and marketing mix through perception as a mediation variable.
This study was conducted from December 2022 to August 2023 using a quantitative approach with a cross sectional design. The sampling technique is carried out by non-probability sampling with convenience sampling techniques. The population in this study is consumers who have purchased Monstera and Philodendron at least once each and at least 19 years old. The number of samples obtained was 214 respondents. The analysis tool used is SEM PLS.
The results showed that consumers like variegated type of Monstera and Philodendron (white or yellow stripes), have a number of 2-4 leaves, have a height of 21cm – 50cm, and are in the price range of Rp 150,001 – Rp 500,000. The more unique and rarer the types of Monstera and Philodendron encountered, the more consumers will like it. Then, it is known that motivation, lifestyle, and conversation variables have a positive effect on perception. While motivation, co-creation, currency, and communal activation variables have no effect on perception. Motivation, co-creation, currency, communal activation, and perception affect the purchase of ornamental leaves directly. Then the motivation variable has a significant effect on the purchase of ornamental leaves indirectly, namely through perception as a mediation variable. While the variables lifestyle and conversation do not affect the purchase of ornamental leaves either directly or indirectly.
The managerial implications of this study are segmentation, targeting, and positioning (STP) strategies and optimization of variables that affect the purchase of ornamental leaf plants consisting of lifestyle, co-creation, and perception.
Collections
- MT - Business [1570]