Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.advisorTaryana, Asep
dc.contributor.authorAminurahman, Fakhreza
dc.date.accessioned2024-01-24T23:59:18Z
dc.date.available2024-01-24T23:59:18Z
dc.date.issued2024-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135962
dc.description.abstractSebuah produk atau jasa membutuhkan komunikasi pemasaran untuk menyebarkan informasinya ke khalayak luas, salah satunya dengan media sosial Tiktok. Tujuan komunikasi pemasaran itu sendiri adalah untuk menumbuhkan minat beli konsumen. Menurut penelitian terdahulu terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap purchase intention yang meliputi content marketing, influencer endorse, dan brand image. Mengingat pentingnya peran content marketing dan Influencer Endorse untuk menumbuhkan minat beli konsumen dan membangun brand image, Interiola sebagai salah satu bisnis di bidang interior furniture harus mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan bisnisnya. Pembangunan trust dan brand image di mata konsumen ini penting untuk mengatasi permasalah utama di Interiola berupa penurunan sales retail online yang mencapai lebih dari 50% pada tahun 2023. Untuk itu diperlukan cara untuk meningkatkan penayangan produk yang diharapkan akan meningkatkan purchase intention dan meningkatkan penjualan produk atau jasa Interiola. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi content marketing dan influencer endorse Interiola yang berbeda dibanding para pesaing dengan menggunakan tool Blue Ocean Strategy. Penelitian cross sectional research ini dilakukan pada bulan Agustus 2022 hingga Juni 2023. Responden diambil menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria seorang decision maker, mengikuti media sosial Interiola, dan mengikuti media sosial influencer yang diendorse Interiola. Terdapat 372 responden yang memenuhi kriteria pada periode waktu 2 minggu pengisian kuisioner. Terdapat 4 variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu content marketing dan influencer endorse sebagai variabel bebas, brand image sebagai variabel terikat, serta purchase intention sebagai variabel intervening. Hubungan antar variabel dianalisis menggunakan framework SEM-PLS. Sementara itu perumusan strategy dilakukan dengan dasar framework Blue Ocean Strategy. Berdasarkan analisis minat beli yang telah dilakukan, maka karakteristik ideal yang seharusnya disasar oleh Interiola adalah perempuan; berusia 24-29 tahun; berdomisili di Jabodetabek; merupakan pengambil keputusan dalam rumah tangga; merupakan tipe one-time purchase consument; mempunyai tipe kepribadian yang sama dengan influencer yang diendorse oleh Interiola; serta berprofesi sebagai karyawan. Selain itu segmentasi juga dapat menyasar mereka yang baru akan membeli funiture atau mereka yang saat ini belum mempunyai interior furniture. Content Marketing dan Influencer Endorse berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap purchase intention melalui perantara brand image sebagai variabel intervening. Hal ini berarti Interiola harus memanfaatkan content marketing dan influencer endorse untuk membangun brand image yang ingin dikenal di masyarakat. Berdasarkan framework blue ocean strategy, maka strategi unik mengenai content marketing dan influencer endorse yang dapat dilakukan Interiola adalah: memunculkan tagline #ConnectingComfort di setiap video sebagai ciri khas; menambah aspek story telling agar video berbeda dari pesaing, serta melakukan kolaborasi dengan influencer yang naik daun agar berbeda dengan pesaing. Selain itu penting juga bagi Interiola untuk memilih influencer yang sesuai dengan produk / jasa yang mereka tawarkan, yaitu seorang spesialis furniture. Selain aspek baru yang harus diciptakan, ada beberapa aspek yang harus ditingkatkan oleh Interiola berdasarkan hasil benchmarking dengan pesaing. Yang pertama adalah optimalisasi hashtag dalam setiap video marketing Interiola di Tiktok agar video dapat mencapai FYP. Yang kedua adalah aspek keberagaman isi konten. Aspek terakhir yang perlu ditingkatkan adalah menaikkan aspek humor dalam setiap konten marketing. Hal ini bertujuan agar bisa mengombinasikan karakteristik video yang disukai “high-end consumers” misalnya video yang elegan, menampilkan habit konsumen mid-high, namun di sisi lain tetap ada unsur lucu di dalamnya untuk tetap menarik konsumen low-mid agar mereka dapat menjadi calon konsumen.id
dc.description.abstractA product or service requires marketing communications to spread information to a wide audience, one of which is the social media Tiktok. The purpose of marketing communications itself is to foster consumer buying interest. According to previous research, several factors influence purchase intention, including content marketing, influencer endorsement, and brand image. Considering the important role of content marketing and Influencer Endorsements in growing consumer buying interest and building brand image, Interiola, as a business in the interior furniture sector, must be able to take advantage of this opportunity to develop its business. Building trust and brand image in the eyes of consumers is important to overcome the main problem at Interiola, which is a decline in online retail sales, which will reach more than 50% in 2023. For this reason, we need a way to increase product exposure, which is expected to increase purchase intention and increase product sales or Interiola services. This research aims to formulate Interiola's content marketing and influencer endorsement strategy using the Blue Ocean Strategy tool, which is different from its competitors. This cross-sectional research was conducted from August 2022 to June 2023. Respondents were taken using a purposive sampling method with the criteria of being a decision maker, following Interiola social media, and following social media influencers endorsed by Interiola. 372 respondents met the criteria within two weeks of filling out the questionnaire. There are four variables examined in this research, namely content marketing and influencer endorsement as independent variables, brand image as the dependent variable, and purchase intention as an intervening variable. The relationships between variables were analyzed using the SEM-PLS framework. Meanwhile, strategy formulation is carried out based on the Blue Ocean Strategy framework. Based on the purchase interest analysis that has been carried out, the ideal characteristics that Interiola should target are women aged 24-29 years, domiciled in Jabodetabek, the decision-makers in the household, a one-time purchase consumer type, have the same personality type as the influencers endorsed by Interiola; and work as employees. Apart from that, segmentation can also target those who are just about to buy furniture or those who currently need interior furniture. Content Marketing and Influencer Endorsement have a positive and significant indirect effect on purchase intention through brand image as an intervening variable. This result means that Interiola must utilize content marketing and influencer endorsements to build a brand image that the public wants to know. Based on the blue ocean strategy framework, the unique strategy regarding content marketing and influencer endorsement that Interiola can implement is creating the tagline #ConnectingComfort in each video as a characteristic, adding storytelling aspects so that videos are different from competitors, as well as collaborating with rising influencers to be different from competitors. Apart from that, it is also important for Interiola to choose an influencer who suits the products/services they offer, namely a furniture specialist. Apart from new aspects that must be created, there are several aspects that Interiola must improve based on benchmarking results with competitors. The first is optimizing hashtags in every Interiola marketing video on Tiktok so that the video can reach FYP. The second is the aspect of content diversity. The final aspect that needs to be improved is increasing the humor aspect in every marketing content. This aims to combine the characteristics of videos that are liked by "high-end consumers," for example, elegant videos showing the habits of mid-high consumers. However, on the other hand, there are still humorous elements in them to attract low-mid consumers so that they can become potential potential consumers.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Peningkatan Purchase Intention melalui Content Marketing dan Influencer Endorse pada Interiola Furnitureid
dc.title.alternative. Strategy of Increasing Purchase Intention with Content Marketing and Influencer Endorse on Interiola Furnitureid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBenchmarkingid
dc.subject.keywordBlue Ocean Strategyid
dc.subject.keywordBrand Imageid
dc.subject.keywordInfluencer Endorseid
dc.subject.keywordInteriolaid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record