Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention terhadap Adopsi Mobile Payment LinkAja
Date
2023-12-16Author
Hidayat, M. Fauzi
Ma'arif, M. Syamsul
Prasetyaningtyas, Sekar Wulan
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan teknologi membuat semua aktivitas menjadi serba mudah, praktis dan efisien. LinkAja yang merupakan salah satu mobile payment berbentuk electronic wallet yang turut serta menghiasi banyaknya layanan mobile payment di Indonesia. LinkAja menempati posisi keempat sebagai e-wallet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun LinkAja masih belum bisa menggungguli persaingan dompet digital diatasnya, hal ini dikarenakan pengguna merasa tidak puas yang membuat konsumen beralih ke dompet digital lain serta niat penggunaan LinkAja yang hanya sebesar 6%, masih jauh tertinggal dari pesaingnya yakni GO-PAY sebesar 53%, OVO 28% dan DANA 11%.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor di dalam model modifikasi UTAUT2 serta faktor di dalam continuance intention terhadap penggunaan mobile payment LinkAja. Selanjutnya, dianalisis juga bagaimana pengaruh faktor – faktor yang ada di dalam model modifikasi UTAUT2 dalam mempengaruhi continuance intention serta merumuskan implikasi manajerial. Kuesioner disebarkan kepada 200 responden dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden adalah pengguna yang sedang menggunakan dan pernah menggunakan LinkAja sebagai mobile payment. Penelitian ini dianalisis menggunakan Covarian Based Structural Equation Modelling (CB SEM).
Hasil analisis menunjukan bahwa faktor – faktor seperti penghematan waktu, kemudahan penggunaan, pengaruh dari orang yang dihargai, kepemilikan smartphone, rasa semangat dalam penggunaan, penghematan harga, rutinitas serta kepercayaan menjadi faktor penting yang ditemukan pada model modifikasi UTAUT2, sedangkan melanjutkan penggunaan LinkAja dibandingkan alternatif lain menjadi salah satu kunci dalam continuance intention terhadap penggunaan LinkAja. Perfomance expectancy, hedonic motivation dan habit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap continuance intention, sedangkan trust, social influence, effort expectancy, facilitating conditions dan price saving orientation tidak memiliki hubungan terhadap continuance intention terhadap penggunaan LinkAja.
Dari hasil analisis yang dilakukan, maka LinkAja diharapkan dapat memastikan serta memaksimalkan sistem aplikasinya agar tidak terjadi error ataupun bug, sehingga dapat berjalan dengan baik dan efisien agar memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat meningkatkan produktivitas. Selanjutnya, LinkAja dapat melakukan analisis dan riset dalam menciptakan inovasi sehingga dapat membuat fitur yang interaktif dan unik agar dapat menimbulkan kesenangan bagi pengguna. Agar dapat menyatu dengan kebiasaan masyarakat, LinkAja dapat menjalin kerjasama dan mitra strategis seperti penyedia jasa transportasi umum sehingga LinkAja dapat mengintegrasikan layanannya ke dalam kebiasaan masyarakat sehari – hari. Technological advancements have made all activities easy, convenient, and efficient. LinkAja, an electronic wallet mobile payment system, is one of the many mobile payment services in Indonesia. LinkAja ranks fourth as the most used e-wallet by the Indonesian people. However, LinkAja has not yet surpassed its competitors in the digital wallet arena. This is partly due to user dissatisfaction, leading consumers to switch to other digital wallets. The intent to use LinkAja is only about 6%, significantly lagging behind its competitors, with GO-PAY at 53%, OVO at 28%, and DANA at 11%.
This study aims to analyze factors within the modified UTAUT2 model and factors in continuance intention towards the use of LinkAja mobile payment. Furthermore, it also examines how these factors affecting continuance intention and to formulate managerial implications. A questionnaire was distributed to 200 respondents using purposive sampling technique. The criteria for the respondents are users who are currently using or have used LinkAja as a mobile payment. This study was analyzed using Covariance Based Structural Equation Modeling (CB SEM).
The analysis results indicate that factors such as time-saving, ease of use, influence from respected individuals, smartphone ownership, enthusiasm in usage, cost savings, routine, and trust are important elements found in the modified UTAUT2 model. Furthermore, the decision to continue using LinkAja over other alternatives is a key factor in the continuance intention towards its use. Performance expectancy, hedonic motivation, and habit significantly influence continuance intention, while trust, social influence, effort expectancy, facilitating conditions, and price saving orientation do not show a relationship with the continuance intention towards using LinkAja.
From the analysis conducted, it is recommended that LinkAja ensures and maximizes its app system to prevent errors or bugs, allowing it to function smoothly and efficiently. This improvement will facilitate user convenience, potentially enhancing their productivity. Furthermore, LinkAja should undertake analysis and research to innovate, creating interactive and unique features that can enhance user enjoyment. To become a part of daily habits, LinkAja could establish partnerships with public transportation providers, integrating its services into the everyday people routines.
Collections
- MT - Business [1042]